Penanganan Dampak Bencana Alam KODIM Klaten Selenggarakan GLADI POSKO 1 - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 26 April 2017

Penanganan Dampak Bencana Alam KODIM Klaten Selenggarakan GLADI POSKO 1

KLATEN, KLAKON.com--Komando Distrik Militer (KODIM) 0723/ Klaten menggelar acara Gladi Posko 1 berupa latihan penanggulangan akibat bencana alam yang terjadi di wilayah setempat Selama 3 hari mulai Selasa (25/04) hingga Kamis (27/04). Kegiatan yang diprakarsai Korem 074/ Warastratama Surakarta dikemas dalam acara KODIM KLATEN BERSAMA KOMPONEN BANGSA DI WILAYAH MEMBANTU MENANGGULANGI AKIBAT BENACANA ALAM, PENGUNGSIAN DAN PEMBERIAN BANTUAN KEMANUSIAAN DALAM RANGKA OPERASI MILITER SELAIN PERANG , itu akan melibatkan sekitar 150 anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) setempat.

[caption id="attachment_404" align="alignleft" width="600"] Gladi Posko 1 oleh Anggota KODIM 0723 Klaten[/caption]

Dandim 0723/Klaten, Letkol Infantri Bayu Jagat, ditemui ditengah acara pembukaan berlangsung mengatakan, maksud dan tujuan penyelenggaran Gladi adalah untuk mengaktifkan perwira dan staf Kodim Klaten utamanya bagi daerah yang sering terjadi musibah, berupa bencana banjir maupun erupsi Merapi. Pelatihan dimaksud sekaligus untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam tugas membantu penanganan korban akibat bencana yang timbul didaerah setempat. “ Kegiatan tersebut dilakukan selama tiga hari baik teori maupun simulasinya yang dilaksanakan pada hari ketiga, dilakukan bersama Pemkab dan instansi terkait yang lain dalam penangan dampak bencana alam ‘’ terangnya.

Peserta Gladi, kata Dandim, utamnya dilakukan bagi anggotra Koramil yang biasa terjadi atau mengalami bencana erupsi Gunung Merapi seperti di kecamatan Kemalang, Manisrenggo, Karangongko, Jatinom maupun kecamatan Tulung. Sedang angota Koramil terdampak banjir melalui daerah sepanjang kali Dengkeng, kali Ujung dan lain-lain meliputi wilayah kecamatan Gantiwarno, bayat, Wedi , Cawas, Wonosari , Juwiring dan lain-lain, keseluruhan sekitar 150 orang anggota.

Menurut Bayu Jagat, kondisi geografi klaten yang dilintasi banyak sungai , dihadapkan anomaly cuaca yang menyebabkan cuaca ekstrem, curah hujan sangat tinggi akan berpotensi banjir didaerah alkiran sungai, erosi tanah sekitar tanggul sungai. Pada bagian lain eropsi gunung Marepai dimungkinkan masih terjadi secara fluktuatif denfgngan sekala kecil; dengan melaurkan material vulkanik, sehingga menimbulkan ancaman bagi masyarakat. ‘’ Kejadian banjir di sejumlah daerah, terjadi Karena sungai Bengawan Solo tidak mampu memnampung air dari anak sungaio Dengkeng dan sungai yang lain ‘’ tambahnya.

Lebih lanjut, dikemukakan, Kodim bebesrta jajarannya melaksanaklan operasi bantuanm kepada pemkab Klaten dalam upoaya tanggap darurat penanggulangan bencana banjir, lahar dingin dan penanganan pengbungsi. Kegiatan tersebut dilakukan mulai kejadian selama kurun waktu tanggap darurat, dilakukan dengan menyiapkan tempat penampungan sementara, tarnsportasi untuk evakuasi, sarana kesehatan, dapur umum  dan lain-lain dilakukan bekerjasama dengan instansi terkait. (press)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar