Satpol PP Klaten dan Gunung Kidul Jalin Kerja Sama - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 11 April 2017

Satpol PP Klaten dan Gunung Kidul Jalin Kerja Sama

[caption id="attachment_345" align="alignnone" width="600"] Penandatanganan MoU Satpol PP Klaten dengan Satpol PP Gunung Kidul. Foto: Dok[/caption]

KLAKON.com - Selasa  (11/04) di gedung pendapa kantor kecamatan Gantiwarno diselenggarakan acara penanda tanganan Berita Acara Kerjasama antara Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Klaten dengan Gunung Kidul. Penanda dilakukan oleh Ka Satpol PP Klaten Haji Sugeng Haryanto dan Ka Satpol PP Gunung Kidul Dwi Warna Widy Nugraha.

Kegiatan diawali dengan suguhan tari Gambyong , Tari Ogeks dan tari Lurik Asri dari Sanggar Tari Sekar Ageng Kodim 0723/Klaten tersebut, adalah Pelaksana Tugas (Plt) sebagai tindakl lanjut dari hal sama antara Jateng dan DIY pada 22 Maret 2017 itu, disaksikan Asisten Pemerintahan Setda Klaten Edy Hartanto mewakili Polt Bupati. Disamping itu kepala Satpol PP Propinsi Jawa Tangah Sinung Rahmadi, kepala Satpol PP Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) GBPH Yudaningrat, Ketua BAPPEDA Klaten Bambang Sigit Sinugraha dan sejumlah kedua daearah yang lain.

Kepala Sugeng Haryanto mengemukakan, penanda-tangan kerja sama bidang penyelenggaraan Ketertiban Umum dan Ketentaraman serta Perlindungan Masyarakat tersebut karena kedua belah daerah terdapat desa yang bersebalahan. Desa tersebut dari Klaten sebanyak 17 desa di empat wilayah kecamatan yakni Gantiwarno, Wedi Bayat dan Cawas, sedang Gunung Kidul terdapat 7 dea yang berasal dari dua wuilayah kecamatan, yaitu desa Sambirejoi, Candirejo dan Tancep kecamatan Ngawen dan desa Tegalrejo, Watu Gajah, Serut dan Sampang kecamatan Gedangsari.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani dalam sambutan tertu;isnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan Etda Edy Hartanto mengatakan, dengan masuknya urusan ketentaranan, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat keberadam Satpol PP semakin strategis. Hal tersebut membawa konskensi , pola sikap dan perilaku serta kualitas SDMa benar-benar diperhatikan, sehingga mampu menjalankan tugas dengan kewajiban sebagai tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Lebih lanjut dikatakan, secara filosofis keberadaan Satpol PP merupakan tanangan kanan kepala daerah. Sehingga amtlah mustahil terlanksana jika ketertiban umum dan ketentaraman masyarakat sebagi salah satu tugasnya belum dilaksanakan dengan baik, “ Satpol PP adalah salah satu perangkat Uta,ma bnagi jalannya roda pemerintahan di Daerah“ tandasnya.

Menurut Plt Bupati Klaten, kerjasama yang telah dijalin hendaknya dapat disinergikan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak. Selain itu kerjasama ini diharapkan dapat mengoptimalkan penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat di dua wilayah perbatasan, yakni kabupaten Klaten dan Gunung Kidul. (Ver)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar