Masyarakat Desa Manjung Gotong Royong Bersihkan Lingkungan - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 13 Mei 2017

Masyarakat Desa Manjung Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

 

Masyarakat Desa Manjung  Gotong Royong Bersihkan Lingkungan

KLAKON.com-- Ribuan masyarakat desa Manjung kecamatan Ngawen, kabupaten Klaten, kompak melakukan gerakan GEBRAK Gotong Royong membersihkan lingkungan sekitar, Jum’at (12/05/2017). Kegiatan dipimpin langsung oleh kepala desa setempat AB Amanto dan Tokoh masyarakat tersebut, dilakukan disemua lini kampung yang tersdiri dari sepuluh rukun warga (RW)

[caption id="attachment_495" align="alignleft" width="646"] Masyarakat Desa Manjung, Ngawen, Gotong Royong bersihkan lingkungan. (Dok/KLAKON.com)[/caption]

Gebrak gotong royong tersebut, juga ditandai dengan penanaman bibit pohon kelapa kopyor oleh Peleksana tugas (Plt) Bupati Sri Mulyani dan Kepala Dispermasydes Jaka Purwanto. Bibit tanaman Jambu bol oleh Sekretaris Daerah Jaka Sawaldi dan tanaman jenis lain oleh sejumlah pejabat di lokasi yang sama. ‘’ Untuk penanaman bibit pohon kelapa Kopyor telah ditanam sebanyak 350 bibit tanaman oleh masyarakat di sepuluh rukun warga ‘’ kata Kades Manjung, AB Amanto.

Lebih lanjut AB Amanto, memaparkan, GEBRAK

Gotong Royong dalam rangka Bulan Bakti Gototng royong yang digerakkan oleh perangkat desa dan tokoh masyarakat dilakukan oleh semua elemen masyarakat. Mulai kelompok Karang taruna desa sebanyak 100 orang melakukan kebersihan di empat masjid, satu gereja dan satu pure., kelompk Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di lingkungan sekitar, dan kelompok yang lain melakukan kebersihan disaluran irigasi pertanian untuk memperlancar laju air irigasi pertanian .

[caption id="attachment_496" align="alignleft" width="357"] Plt Bupati Klaten Sri Mulyani Gebrak Gotong Royong, bersih-bersih lingkungan, bersama Ibu-ibu PKK Desa Manjung, Ngawen. (Dok/KLAKON.com)[/caption]

Menghadapi acara tradisi Sadranan pada bulan ruwah ini, masyarakat telah melakukan bersih-bersih Makam di tujuh lokasi permakamam yang ada. Beikrut akan dilakukan KENDURI (doa bersama ) pada 18 Mei mendatang di Dukuh Tegalrejo dengan menggelar acara Kirab Gunungan yang melibatkan ratusan warga masyarakat.

Kemudian acara diakhiri dengan pentas Pagelaran Wayang Kulit, semalam suntuk dengan Ki Dalang dan seniman setempat, pada 24 Mei mendatang. ‘’ Disamping itu pemerintah desa dan panitia kegiatan juga mengelar acara penyuluhan Empat Pilar Kdbangsaan RI, Penyuluhan Penanggulang Kekerasan Dalam Rumah Tangga dan lain-lain’’ paparnya.

Sementara itu, Plt bupati Klaten Sri Mulya

ni mengemukakan, atas kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat desa Manjung ini Pemerintah kabupaten Klaten sangat mengapresiasinya. Untuk itu secara berkala kegiatan yang sama agar tetap terus dilakukan untuk dapat mewujudkan lingkungan bersih dan sehat.

‘’Yang perlu diingat limbah yang dihasilkan dalam kegiatan gotong rpyong semacam jangan dibuang ke sungai agar tidak terjadi banjir, tepi lebih baik apabila bisa diolah menjadi pupuk organic agar lebih bermanfaat ‘’ ujar

nya.

Pada bagian lain, Plt bupati Klaten mengatakan, sampai saat ini di tingkat kabupaten Klaten sudah ada empat desa yang telah melunasi pembayaran pajab bumi dan bangunnan maupun pajak perkotaaan dan perdesaaanya secara awal . Empat desa tersebut adalah desa Tlogowatu, Tegalmulyo dan Panggang kecamatan kemalang serta Desa krikilan kecamatan Bayat , maka atas prestasi tersebut Pemerintah desa memeperoleh piagam penghargaaan dan sejumlah uang

pembinaan.

‘’ Sehubungan hal tersebut perlu diikuti masyarakat setempat dalam melunasi kewajibannya, yang nantinya uang yang telah dikumpulkan dikembalikan pada masyarakat daklm bentukan pembangunan sarana prasarana yang dinikmati semua lapisan masyarakat ‘’ ujarnya. (Hyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar