Usai Upacara Hardiknas Plt Bupati Sri Mulyani Sidak UNBK di SMPN 1 dan SMPN 3 - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 03 Mei 2017

Usai Upacara Hardiknas Plt Bupati Sri Mulyani Sidak UNBK di SMPN 1 dan SMPN 3

 

[caption id="attachment_436" align="alignleft" width="1011"] Upacara Hardiknas di Alun-alun Klaten (Foto/dok/KLAKON.com)[/caption]

 

KLAKON.com -  Usai memimpin upacara memperingati Hari Pendidikan Nasional, Selasa (02/05/2017) Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten, Sri Mulyani melakukan inspeksi mendadak (Sidak)  meninjau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2017 di SMP Negeri 3 dan SMP NegeriIKlaten.

Kedatangan Plt Bupati dan rombongan dari jajaran Dinas Pendidikan kabupaten Klaten, diterima oleh Kepala Sekolah SMPN 3 Klaten,  Widodo dan sejumlah guru serta panitia ujian sekolah setempat. Pada kesempatan ini, Sri Mulyani meminta, agar semua siswa agar bisa berkonsentrasi dan belajar dengan sungguh sungguh, sehingga mampu mengerjakan semua soal ujian. Sebelum mengerjakan soal ujian para siswa diminta untuk berdoa dan meminta restu pada kedua orang tua sebelum berangkat agar sukses dalam mengikuti ujian nasional.

Dalam kesempatan ini, Kasek SMPN 3 Klaten, Widodo menyampaikan, bahwa tahun 2017 jumlah peserta ujian disekolahnya sebanyak 272 siswa,dibagi dalam 3 sesi memanfaatkan 3 laboratorium computer.

Usai berbincang bincang dengan siswa dan para guru pembimbing, Sri Mulyani kemudian  menuju ke SMPN 1 Klaten yang hanya berjarak sekitar 150 meter.

Disini istri mantan bupati Klaten H Sunarno SE, diterima kepala sekolah Ismadi dan guru yang lain.  Sama seperti yang dilakukan di SMPN 3, di sekolah ini Plt Bupati juga berkenan meninjau langsung masuk kedalam kelas sebelum pelaksanaan ujian dimulai. Pada kesempatan ini juga, Kasek SMPN 1 Klaten, Ismadi menyampaikan, bahwa jumlah peserta UNBK disekolahnya sebanyak 337 orang, terbagi dalam 3 sesi memanfaatkan 4 ruang laboratorium.

“ Sekolah telah menyiapkan pembekalan bagi para peserta ujiian dan menyiapkan genset untuk tenaga listrik yang memadai sebagai cadangan, manakalaterjadi pemadaman aliran listrik dari Perusahaan Listrik Negara ‘’ujarnya.

[caption id="attachment_437" align="alignnone" width="300"] Siswa SMPN 3 Klaten, saat mengikuti UNBK (Foto/dok/KLAKON.com)[/caption]

Sementara itu, kepalaDinas Pendidikan Klaten, Drs  Pantoro, ditengah acara kunjungannya mengatakan, tahun 2017 ini keseluruhan siswa Sekolah menengah pertama yang mengikjuti UNBK sebanyak 17.659 siswa yang berasal dari 79 sekolah negeri melakukan Ujian Nasional Berbasis Komputer dan 52 sekolah swasta. dan melakukan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). “ Untuk pengawasan sistim UNBK dilakukan silang dan UNKP biasa, sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku,”katanya.

Masih kata Drs Pantoro, mata pelajaran yang diujikan untuk ujian Nasional meliputi, Bahasa Indonesia, matematika, Bahasa Inggris dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Untuk dapat meraih hasil yang maksimal, diterapkan pola 1821 ( matikan Televisi dan hand phone pada jam 18 hingga 21.00 ) untuk melakukan belajar, agar apa yang diinginkan membuahkan hasil yang maksimal. “ Pola 1821 ini harus mendapat dukungan penuh dari para orang tua siswa  dan lingkungannya agar siswa meraih hasil ujian yang maksimal, ‘’pungkasnya. (Press)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar