138 Warga Binaan Lapas Klas II / b Klaten Mendapat Remisi di HUT Kemerdekaan RI ke 72 - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 19 Agustus 2017

138 Warga Binaan Lapas Klas II / b Klaten Mendapat Remisi di HUT Kemerdekaan RI ke 72

 

Sebanyak 138 penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas II/b Klaten mendapat remisi umum dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2017. Sejumlah resmisi yang diberikan tersebut menjadikan 11 orang narapidana dan anak binaan dinyatakan bebas murni, sisanya memperoleh pengurangan hukuman antara satu hingga enam bulan.

[caption id="attachment_684" align="alignleft" width="300"] Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mendapat bingkisan lukisan hasil karya dari Warga Binaan Lapas Klas II/b Klaten, pada acara pemberian remisi dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 72 (Foto/dok ; KLAKON.com)[/caption]

Hal itu dikemukakan Kepala Lapas Klaten, Budi Priyanto pada acara Pemberian remisi Peringatan  HUT ke 72 Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2017 di Lembaga Pemasyarakatan Klaten. Kedgiatan ditandai dengan serah terima Resmisi oleh Pelaksana tugas (Plt) bupati Klaten Hajah Sri Mulyani kepada dua orang perwakilan, masing-masing Dino Nurcahyo (penerima Remisi 3 bulan kasus Penganiayaan) dan Ali Mustofa (penerima Remisi kasus perjudian). Disaksikan Muspida, Ketua DPRD Agus Riyanto, Sekda Jaka sawaldi dan para Asisten Sekda serta sedjumlah Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah.

Usai pelaksanaa upacara pemberian Remisi, Plt Bupati dan Muspida serta undangan lain langsung mengamati hasil karya warga binaan yang dipajang tidak jauh dari tempat upacara. Kemudia Plt bupati Hajah Sri Mulyani membeli lukisan Berjudul Kepodang karya Lalang Buwana Warga Binaan asal Kendal seharga Rp 1 juta. Disamping itu Kapolres Klaten AKBP M Darwis juga membeli Lukisan Ikan KOI seharga Rp. 300.000,00.

Kepala Lapas Klas II/B Klaten, Budi Priyanto mengemukakan, remisi umum (RU) penghuni lapas Klaten sebanyak 138 meliputi RU 1 (Napi masih menjalani hukuman ) sebanyak 127 orang, RU 2 (Bebas Hari ini) sebanyak 11 orang. Sedang berdasarkan lama pengurangan hukum adalah sebagai berikut, untuk pengurangan sebulan 42 orang, dua bulan 34 orang, tiga bulan 32 orang, 4  bulan 13 orang, lima bulanb 13 orang dan enam bulan sebanyak 6 orang, serta Remisi donor darah minimal empat kali sebayak 17 orang. ‘’ Saat ini jumlah penghuni Lapas Klaten total sebanayak 271 orang, terdiri 206 orang nara poidana dan 65 tahanan ‘’ ujarnya.

Pada bagian lain, Budi Priyanto mengatakan, tahun ini Kemenkum HAM membuka Remisi ONLINE yang setaiap saat bisa dibuka oleh semua orang. Pada dasarnya remisi adalah  merupakan hak setiap Narapida, maka semua Narapidana diusulkan untuk mendapatkaan remisi. Meski demikian untuk memperoleh remisi atau pengurangan hukuman tersebut harus memenuhio peesyaratan tertentu.

Menteri Hukum dan Hak Azasi Manusia (Menkum HAM) Republik Indonesia  (RI), Yasona Laoly dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Plt Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani mengatakan, pemberian Ramisi berhema ‘’ MELALUI REMISI KITA BERINTEGRASI DENGAN SENI’’ kepada warga binaan pemasyarakatan merupakan upaya melembutkan jiwa, memelembutkian rasa sehingga persaaan yang mengarah pada perbuatan kriminal dapat di eliminir. Selanjutnya saat kembali di masyarakat warga binan lebih mampu memaknai hidup secara holistik dan kembali berintegrasi secara sehat dengan masyarakat.

Pemberian remisi terhadap warga binaan Pemasyarakatan, Kata Yasona lebih lanjut, bukan semata-mata merupakan suatu hak yang didapat dengan mudah dan bentuk kelonggaran agar Narapidana dapat segera bebas. Remsisi yang diberiikan pemerintah kepada narapidana yang telah menunjukkan prestasi, dedikasi dan disiplin tinggi dalam mengikuti program pembinaan dengan baik serta telah memenuhi persyaratan yang ditentukan (Hyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar