Dari 103 Ormas Baru 53 Ormas di Klaten yang Terdaftar di Kesbangpol - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 09 Agustus 2017

Dari 103 Ormas Baru 53 Ormas di Klaten yang Terdaftar di Kesbangpol

KLATEN, KLAKON.com--Sampai akhir bulan Juli tahun 2017 jumlah organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang mendaftar ke kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) di Klaten baru sebanyak 53 Ormas dari 103 ormas di tahun sebelumnya. Sehingga Ormnasy yang mati suri karena tidak mendaftar sekitar 50 prosen dari data tahun sebelumnya, maka pengurus Ormas yang belum mendaftar ulang diminta segera mendaftar kembali sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku.

[caption id="attachment_680" align="alignleft" width="300"] Pembinaan Ormas Klaten Dalam Mewningkatkan Fungsi dan Perannya, di Gedung Wanita Klaten (Foto/dok. KLAKON.com)[/caption]

Kepala Seksi Ketahanan Seni Budaya, Agama dan Kemasyarakatan dan ekonomi kantor Kesbangpol Klaten Hartono mengatakan hal itu menjawab pertanyaaan ditengah acara Pembinaan Ormas Kabupaten Klaten di gedung Wanita Klaten, Rabu (09/08). Kegiatan sehari dikuti 100 peserta , menampilkan empat pemateri dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Klaten , Kepolisin Resort (Polres) Klaten, Komando Distrik Militer (Kodim) 0723 /Klaten dan ketua Aliansi Ormas setempat.
Menurut Hartono, Ormas yang dibentuk oleh anggota masyarakat sesuai dengan maksud dan tujuan pendiriannya dapat membantu peran pemerintah dalam pembangunan nasional dalam NKRI. Berdasarkan pasal 6 UU No 17 tahun 2013 Peran dan Fungsi Ormas ada 4, yakni pengembangan kegiatan organisasi dalam mencapai tujuan, penyalur aspirasi masyarakat, pemberdayaan masyarakat dan pemelihara dan pelestari Norma niliai dan etika dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara

Hubungannya dengan pembinaan Ormas, hartono mengatalkan, adalah untuk terwujudnya Ormas yang mampu memberikan pendidikan kepada masyarakat kerah mantapnya kesadaran kehidupan berma syarakat berbangsa dan beregara serta tumbuh gairah dan dorongan masyarakat untuk aktif dalam pembangunan nasiona. Disampingv itu juga terwujudnya Ormas yang mandiri dan mampu berperan secara daya guna, sebagai mitra pemerintah dalam pembangunan, meningkatkan sikap tolrasi masyarakat menunjukkan sikap saling menghargai dan menghormati serta mnemberikan fasilitasi dan mnediasai kegioatan untuk tugas bangsa, integrasi bangsa, opengembangan demokrasi dan azasi manusia.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten Hajah Sri Mulyani dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Edy Hartanto mengatakan, Pemkab Klaten berusaha semaksimal mungkin dalam mencapai tujuan bersama, namun yang perlu disadari Pemerintah tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan pihak lain. Maka Keterlibatan Ormas menjadi salah satu bagian penting dalam mewujudkannya. ‘’ Ormasy mempunyai peran strategis dalam pembangunan dan pemberdayaaan masyarakat ‘’ ujarnya.
Lebih lanjut Plt bupati Klaten mengatakan, forum pembinaan ormas bukan dalam rangka membatasi ataupun mengurangi peran strategis Ormas dalam berkarya, namun dijadikan wahana yang baik untuk berdiskusi dan saling memberikian masukan. Dengan demikian diharapkan agar bersama dan berkolaborsi dengan pihak lain unt5uk dapat menjalankan peran dan fungsinya secara baik dan benar. (Hyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar