Inginkan Ikon Kampung Tahu Bakso One Plus Desa Jetis Kirab Gunungan5000 Tahu Bakso - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 22 Agustus 2017

Inginkan Ikon Kampung Tahu Bakso One Plus Desa Jetis Kirab Gunungan5000 Tahu Bakso



KLAKON.com--Muda–Mudi One Plus gabungan pemuda Rukun Warga (RW) 1 Jetis Trunuh dan RW 10 Bendan Jetis kecamatan Klaten Selatan, sukses menggelar acara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tahun 2017,  Minggu (20/08) .

[caption id="attachment_737" align="alignleft" width="988"] Plt Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan Sekda Klaten Jaka Sawaldi beserta Camat Klaten Selatan dan Kades Jetis Mulyatno melakukan prosesi potong pita, menandai kirab gunungan 5000 tahu bakso. (Foto/dok/KLAKON.com)[/caption]

Kegiatan dikemas Pesta Rakyat Jalan Sehat  dan Kirab Gunungan 5000 Tahu Bakso, mampu menyedot ribuan peserta mengikuti acara memperebutkan total hadiah sebesar Rp 50 juta, berupa sebuah sepeda motor, sepeda gunung, Kambing, burung Beo, burung Kenari dan Beras dan lain-lain,

Rangkaian kegiatan diawali dengan Jalan Sehat disertai Kirab Gunungan 5000 Tahu Bakso yang dipanggul belasan orang mengitari gang kampung Jetis Trunuh dan Bendan Jetis  sepanjang 4000 meteri . Pelepasan kirab dilakukan oleh Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten hajah Sri Mulyani ditandai dengan pemukulan Gong dan penggutingan pita, disaksikan Sekda Jaka Sawaldi, Asisten I dan III, Staf Ahli bupati dan Muspika Klaten Selatan. Acara dilanjutkan dengan Banca’an Lele (tangkap lele) sekitar 350 Kilogram tanpa menggunakan alat di dua kolam, dikelompokkan Bapak-Bapak, Ibu-Ibu dan Anak-anak

Ketua panitia penyelenggara, Aditya Pamungkas dfidampingi koordinator pelaksaan kegiatan Anggun Syalastsa mengemukakan, latar belakang Kirab Gunungan 5000 Tahu Bakso didasari adanya sejumlah warga yang berusaha membuat tahu bakso. Kini usaha industri rumah tangga tersebut dilakukan oleh ratusan warga Jetis Trunuh dan sekitarnya, maka kondisi tersebut dimanfatkan oleh panitia untuk mengangkat Pamor usdaha tersebut. ‘’ Harapan kedepan Ikon Kirab Gunungan Tahu Bakso tersebut bisa terkenal seperti acara Tahunan Yaqowiyu ( Sebar Apem )  di Jatinom dan Lebaran Ketupat acara Syawalan di Jimbung ‘’ ujarnya.

Lebih lanut Anggun mengatakan,  pelaksanaan Pesta Rakyat Jalan Sehat  dan Kirab Gunungan 5000 Tahu Bakso diprakarsai pemuda dua RW tersebut mendapat dukungan sepenuhnya dari warga dan para pengarajin tahu bakso. Sehingga panitia bisa mengumpulkan dana lebih dari Rp 50 juta untuk hadiah , door prise dan lain-lain yang berupa sebuah sepeda motor, sepeda gunung, Kambing, burung Beo, burung Kenari dan Beras dan lain-lain, maupun acara Bancaan Lele yang memperebutkan lele sebanyak 350 Kilogram ditebar di dua kolam .

Kepala Desa Jetis Mulyatno mengemukakan, pemerintah desa ke depan akan mengupayakan agar usaha rumahan tahu bakso ini bisa lebih maju lagi yang harapannya bisa dijadikan menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Sehingga usaha indutri rumah tangga Tahu Bakso tersebut bisa menjadi Ikon Klaten melengkapi beberapa yang ada. ‘’ Kini usaha pembuatan tahu bakso telah dilakukan oleh sekitar 100 orang lebih yang pemasarannya dilakukan di wilayah Klaten dan sekiatarnya ‘’ jelasnya.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Klaten hajah Sri Mulyani menyambut baik apa yang dilaksanakan oleh Muda-Muda Jetis Trunuh Klaten Selatan yang telah mengangkat usaha rumah tangga (tahu bakso) yang harapanya kedepan jadi kalender wisata tahunan. Sehingga even Kirab Gunungan tahu Bakso ini bisa mewarnai Ikon Klaten lain yang sudah ada seperti sebar apem di Jatinom dan lebaran ketupat di syawalan Jimbung.

Lebih lanjut Sri Mulyani mengatakan, untuk lebih mengembangkan usdaha yang digeluti oleh ratusan warga setempat, Pemeritah Kabupaten Klaten akan berupaya sepenuh hati untuk melakukan pendampingan. Disamping itu juga berusaha untuk mengalokasikan anggaran untuk membantu permodalan usaha warga yang telah berjalan baik tersebut. (Hyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar