Meriah, Ribuan Orang Padati Lebaran Iwak di Blumbang Gemblegan PltBupati ; Yang Tidak Mau Makan Ikan Tenggelamkan - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 29 Agustus 2017

Meriah, Ribuan Orang Padati Lebaran Iwak di Blumbang Gemblegan PltBupati ; Yang Tidak Mau Makan Ikan Tenggelamkan

KLAKON.com—Ribuan orang dari berbagai penjuru wilayah desa Gemblegan, Kalikotes, dan warga dari wilayah lain, Minggu (27/8/2017) tumpah ruah di sekeliling kolam Desa Gemblegan, dalam rangka mengadu nasib berebut mencari ikan pada acara tradisi tahunan Lebaran Ikan di Desa Gemblegan, Kalikotes, Klaten.

[caption id="attachment_844" align="alignleft" width="715"] Ribuan orang tumpah ruah berebut ikan di kolam Desa Gemblegan, Kalikotes, Klaten, pada acara Pesta Rakyat Mencari Ikan. (Boen/KLAKON.com)[/caption]

Sebelum acara pelepasan balon dan  ikan berhadiah oleh Plt Bupati Klaten, Hajah Sri Mulyani, ribuan orang yang menanti serasa sudah tidak sabar ingin segera masuk kolam berebut mencari ikan. Hingga mikropun panitia memberi peringatan agar warga tetap sabar menunggu sambutan Plt Bupati selesai.

Tidak banyak kata  yang disampaikan,  Plt Bupati  Sri Mulyani sangat mengapresiasi acara tradisi tahunan lebaran ikan di desa Gemblegan.  Aset yang sudah ada ini agar dikelola dan dikembangkan lebih maju lagi, imbasnya bisa menuju  desa wisata yang akan di kunjungi banyak orang dari berbagai daerah. Hasilnya, bisa  mengangkat perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga setempat.

“kegiatan ini di harapkan terus berlanjut dan kedepan bisa menjadi aset pariwisata Kabupaten Klaten. Dengan begitu bisa menumbuhkan perekonomian  dan meningkatkan kesejahteraan warga desa Gemblegan. Plt Bupati juga mengajak segenap warga masyarakat Klaten untuk meningkatkan kegemaran makan ikan. Selain murah harhganya, ikan terbukti banyak mengandung protein dan gizi.” Mengutip kata menteri kelautan Ibu  Susi pujiastuti, “yang tidak mau makan ikan Tenggelamkan,” tandas Plt Bupati Sri Mulyani.

[caption id="attachment_845" align="alignleft" width="715"] Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani, saat memberi sambutan acara Pesta Rakyat Lebaran Ikan di Desa Gemblegan, Kalikotes, Klaten. (Boen/klakon.com)[/caption]

Yel-yel teriakan warga masyarakat yang sudah tidak sabar menanti, agar acara segera dimulai. Usai sambutan Plt Bupati Sri Mulyani kemudian melepas ikan Lele berhadiah yang diberi tanda pita kedalam kolam diteruskan dengan memencet sirine tanda dimulainya acara lebaran ikan. Sontak ribuan warga dengan berbagai peralatan untuk menangkap ikan dan  jaring buatan sendiri, tumpah ruah masuk kolam berebut mencari ikan.

Siswanto, Kadus II Desa Gemblegan mengatakan, acara Lebaran Ikan yang di gelar setiap bulan Agustus kali ini merupakan kegiatan puncak dari berbagai acara yang telah di selenggarakan oleh pihak pemerintah desa dan warga Gemblegan dalam rangka memperinggati HUT Kemerdekaan RI ke- 72 Republik Indonesia.

Pesta rakyat Lebaran Ikan ini untuk yang ke empat kalinya di selenggarakan. Ikan di kolam yang diperebutkan lebih dari 20  kwintal. Peserta tidak terbatas hanya warga desa Gemblegan saja, melainkan dari wilayah lain di Kabupaten Klaten, juga boleh mengadu nasib berebut ikan disini.

“Warga dari luar wilayah kecamatan kalikotes, terpantau juga banyak, dari Jatinom, Karanganom, Trucuk ada,” kata Kadus Siswanto.

Terkait, Ari Cahyono (35) warga Trucuk, bersama 4 temannya datang untuk mengadu nasib berebut mencari ikan di kolam Gemblegan. Menurut dia, setiap ada acara  lebaran ikan di Gemblegan di pastikan datang.  Dari empat kali penyelenggaraan, kali ini dinilai  paling banyak ikan yang di taburkan di kolam. Terbukti mereka pulang pada bawa ikan dan ada yang mendapat hadiah uang tunai yang lumayan hingga total Rp 10 juta untuk lima orang yang berhasil menangkap ikan yang di beri tanda pita. “ Ini saya hanya bisa menangkap dua ikan bawal, bobot masing-masing kurang lebih  2 kg. Lumayan, bisa untuk lauk pauk keluarga,” kata Ari merasa puas dengan ikan hasil tangkapannya. (Sas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar