Perhelatan Klaten Lurik Karnival Semarak - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 03 Agustus 2017

Perhelatan Klaten Lurik Karnival Semarak





KLAKON.com--Perhelatan Klaten Lurik Karnival dalam rangka peringatan Hari Jadi Klaten ke 213 dan Hari Ulang Tahun (HUT)  ke 72 Kemerdekaaan Republik Indonesia (RI) tahuin 2017 meriah.

[caption id="attachment_668" align="alignleft" width="300"] Gebyar Klaten Lurik Karnival Semarak membius para pemirsa di depan halaman Gedung Sunan Pandanaran, Jalan Protokol Klaten[/caption]

Kegiatan diikuti oleh ribuan peserta yang tergabung dalam 35 kelompok menyusuri Jalan Veteran- Jalan  Pemuda sepanjang 3000 Meter menarik perhatian puluhan ribu pasang mata  berjubel memadati kanan kiri jalan yang dilewati  untuk menyaksikan jalannya kirab tahunan yang sudah digelar untuk kali ketiga melewati panggung kehormatan di depan gerbang pintu masuk gedung Sunan Pandanaran kompleks Radio Siaran Pablik daerah (RSPD)..

Prosesi kirab berjalan sekitar sembilan puluh menit mulai puklul 14.30 hingga pukul 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), diawali oleh pasukan Keprajuritan yang diperankan oleh anggota Satuan Polisi Pamong Praja (SATPOL PP). Disusul iring-iringan Kereta Kencana dan puluhanBandi (kereta kuda) yang ditumpangi oleh Pelaksana tugas Bupati Klaten hajah Sri Mulyani, Muspida, Ketua DPRD Agus Riyanto, para pejabat teras Pemkab dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah setempat, kesemuanya berbusana khas berbahan LURIK TRADISIONAL Klaten.

Setelah itu karnal menampilkan kelompok Drum Band Gita Pamong Praja Surakarta yang didukung oleh puluhan anggota menampilkan kebolehannya untuk menghibur tamu undangan dan pengunjung di depan panggung kehormatan. Diikiti oleh tiga kelompok peserta dari OPD seperrti Inspektoran, BAPEDA dan Dinas Pendidikan setempat, disusul 35 kelompok peserta karnival lain yang berasal dari kecamatan, sekolahan, Badan Usaha Milik Daerah, Rumah Sakit Suradji Tirto Negara dan Rumah Sakit Soedjarwadi , Rumah Sakit Bagas Waras dan Kelompok sweasta dari Group Amigo.

Acara menyita perhatian puluhan ribu pengunjung dari wilayah Klaten dan sekitarnya tersebut mengangkat thema sesuai ciri khas asal peserta. Utusan dari Delanggu yang dikenal sebagai daerah penghasil padi mengangkat thema TUMBUK PARI, Manisrenggo TEMBAKAU SRINTHIL, Wedi Program Kali ku Bersih, Jatinom Penyebaran Apem dan lain-lain .

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaaan dan Olah Raga Klaten Jaka Wiyana, selaku penanggung jawab Karnaval mengemukakan, Kegiatan Lurik Karnival tahun 2017 dalam rangka perinagatan Hari Jadi Klaten ke 213 dan HUT RI ke 72 dimaksudkan untuk mengenalkan dan mengangkat kembali hasil industri kerajinan Klaten yang pernah mengalami masa jaya pada puluhan tahun silam, agar masyarakat kembali mengenakan pakaian berbahan produk lokal tersebut. ‘’ Klaten Lurik Karnival Tahun 2017 diikuti oleh 35 kelompok peserta dari kecamatan, OPD, sekolahan dan swasta ‘’ jelasnya.  (Hyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar