Tari Lurik dan Darama Kolosal Peringati HUT ke 66 SMP N 2 Klaten - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 22 Agustus 2017

Tari Lurik dan Darama Kolosal Peringati HUT ke 66 SMP N 2 Klaten

KLAKON.com—Dalam rangka memeringati HUT ke 66 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 2 Klaten ( JalmaYhuda Gapuraning Praja/ 1951 – 2017 ) menggelar kegiatan menampilkan kreatifitas siswa dengan menyuguhkan drama kolosal tentang sejarah berdirinya sekolah setempat, Senin (21/8/2017).

[caption id="attachment_740" align="alignleft" width="1024"] Tarian Lurik diperagakan para siswa SMP N 2 Klaten, mengawali acara peringatan HUT ke 66 sekolat tersebut. (Foto/dok/KLAKON.com)[/caption]

Pementasan drama kolosal diawali dengan penampilan tarian lurik oleh lima penari putri yang luwes membawakan tariannya, dilanjutkan dengan peragaan baris berbaris yang dimainkan oleh 17 peserta yang tergabung dalam Garda Santika. Disusul kelompok bela diri  pemuda berseragam Surjan berbahan dasar kain Lurik Pedan, menampilkan atraksi mematahkan alat berbahan besi cor serta sejumlah penyanyi solo yang dilakukan oleh para siswa.

Salah seorang panitia Aditya Tiyo Setyanto siswa klas VIII SMPN 2 Klaten menjawab pertanyan mengatakan, drama kolosal sejarah berdirinya SMPN 2 Klaten melibatkan ratusan siswa sebagai pengrawit, orgen maupun pemain drama  Persiapan latihan dilakukan selama dua pekan , diarahkan oleh sejumlah guru sebagai pembimbing.

‘’ Sesuai data yang ada, SMPN 2 Klaten yang pada awal berdirinya bernama Sekolah Perjuangan berlokasi di Kampung Pondok, tahun 1951 resmi mejdi SMP Negeri 2 Klaten berkembang di Jalan Pemuda dekat Lapas dan SDN Ngepos dan kini berada di sebelah stadion Trikoyo Klaten ‘’ ujarya

Terpisah Wakil kepala sekolah bidang kesiswaan, Titik Maryati ditemui ditengah acar beralngsungv mengemukakan, pelaksanaan HUT ke 66 SMPN 2 Klaten dilakukan oleh para siswa mulai dari pembentukan panitia, rencana kegiatan dan belanja dan penggalanangan dana. Sementara pihak sekolah hanya mengarahkan agar pelaksanaan dapat berjalan baik dan lancar.

‘’ Ulang tahun persisnya jatuh pada tanggal 25 Juli, mengingat sedang kondisi Puasa Ramadhan, Idul Fitri dan lain-lain maka pelaksanaan ditunda sekaligus ujntuk peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI tahun 2017 ‘’ jelasnya.

Sekolahnya, kata Titik lebih lanjut, termasuk sekolah favorit di Klaten hal ini bisa dilihat pendaftar siswa baru setiap tahun bisa didominasi oleh mereka yang memperoleh peringkat NEM tinggi. Meski demikian para pengajar harus tetap kerja keras agar siswa yang mempunyai bakat dasar baik tersebut tetap dapat dipertahankan prestasinya.

‘’ Hampir setiap tahun sekolah setempat meraih menghasilkan siswa dengan raihan NEM tertinggi di tingkat kabupaten Klaten ‘’ jelasnya.

Hubungannya ekstra kulikulair disekolah, Titik menjelaskan, sekitar 21 kegiatan dilakukan oleh para siswa  yang kini jumlahnya mencapai sebanyak 862 siswa dari 24 rombongan belajar yang ada. Khusus kegiatan Pramuka wajib diikuti oleh ssiswa baru klas VII dan VIII, yang dari kegiatan tersebut dapat dilihat mereka yang berprestasi untuk dipilih mengikuti Jambore ke tingkat lebih tinggi dengan pembiayan dikoordiasikan dengan para wali murid ‘’ ujarnya. (Hyo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar