Mendes PDTT Resmikan Tiga Desa Politan di Klaten - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 01 November 2017

Mendes PDTT Resmikan Tiga Desa Politan di Klaten

[caption id="attachment_898" align="alignleft" width="715"] Mendes PDTT Eko Putro Sanjoyo, bersama Plt Bupati Srimulyani dan Para Mahasiswa usai meresmikan Photorium di Bukit Patrum. (Foto/Boen/KLAKON.com)[/caption]

KLATEN, KLAKON.com -- Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, Sabtu (28/10/2017) meresmikan tiga desa politan, yakni, Desa Jomboran, Kecamatan Klaten Tengah, Desa Krakitan, Kecamatan Bayat dan Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes.

Menurutnya, keanekaragaman potensi yang ada di wilayah kabupaten Klaten, seharusnya bisa dikembangkan oleh masing-masing BUMDes yang ada desa. Mendes mendukung penuh agar seluruh BUMDes di Klaten bisa mengembangkan potensi desa. Salah satunya adalah pemanfaatan sumber mata air. Mengingat Kabupaten Klaten merupakan salah satu daerah yang kaya akan sumber mata air.

Di Klaten sudah ada satu desa yang menjadi percontohan desa di Indonesia, terkait pengelolaan BUMdesnya yang berhasil yakni Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo. Keberhasilan BUMdes desa Ponggok itu seyogyanya menjadi pemicu desa lainnya.

[caption id="attachment_899" align="alignleft" width="715"] Photorium Bukit Patrum di Desa Jimbung, Kalikotes Klaten, Distinasi wisata photo yang menantang dan mengasyikan. (Foto/Boen/KLAKON.com)[/caption]

Untuk mengembangkan unit usaha tersebut, kata Mendes Eko Putro, Pemerintah Pusat sudah mendirikan PT Mitra BUMDes Nusantara. Nantinya dari situ seluruh BUMDes yang ada di Indonesia akan bisa dilakukan pendampingan. Pihaknya juga mengajak kepada pemerintah kabupaten untuk bisa turut membuat hal serupa agar bisa mendukung pemerintah pusat.

"Kami bersama-sama mengajak pemerintah daerah disini agar bisa membentuk PT Mitra BUMDes Klaten. Nah itu tugasnya adalah membentuk BUMDes yang ada di desa dan dikumpulkan agar bisa berkembang dan mempunyai pendapatan sendiri," tandasnya.

Dukungan Mendes Eko Putro Sandjoyo, terkait program pengembangan air minum dalam kemasan di Klaten, tidak mengada-ada, mengingat melimpahnya sumber air yang ada disini. Beberapa sumber mata air di Klaten tercatat antara lain,  Umbul Ponggok, Umbul Manten, Kecamatan Polanharjo. Umbul Cokro, Kecamatan Tulung, Umbul Gedaren, Kecamatan Jatinom, Umbul Bulus, Kecamatan Kalikotes, Umbul Mulyono dan Umbul Mulyani di Kecamatan Kebonarum, Umbul Brintik dan masih banyak lagi sumber mata air yang tersebar di wilayah kabupaten Klaten. (sas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar