Pencairan Dana Desa Tahap II Senilai Rp 124,5 M Tinggal Menghitung Hari - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 01 November 2017

Pencairan Dana Desa Tahap II Senilai Rp 124,5 M Tinggal Menghitung Hari

 

KLATEN, KLAKON.com --Pemerintah Kabupaten Klaten tidak lama lagi akan segera mencairkan Dana Desa (DD) tahap II sebesar Rp 124,4 miliar, ibarat tinggal menghitung hari. Hal tersebut dikarenakan DD tahap II telah ditransfer ke kas daerah hari ini (31/10/2017). Selanjutnya proses pencairan tinggal menunggu pengajuan dari pikhak desa.

[caption id="attachment_905" align="alignleft" width="1339"] Perangkat Desa Klaten menuntut kesejahteraan ke Ibukota, Berkumpul di halaman Pendopo Pemkab Klaten. (Foto/Boen/KLAKON.com)[/caption]

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Klaten, Sunarna ketika ditemui mengatakan, Dana Desa tahun 2017 sebesar Rp 311 miliar dan diterimakan dalam dua tahap. Tahap I 60% sebesar Rp 186,5 miliar dan tahap II 40% sebesar Rp 124,5 miliar.

Harusnya DD tahap II dicairkan pada Agustus 2017, tapi baru ditransfer hari ini, (31/10/2017), sehingga belum bisa dicairkan karena baru masuk ke kasda,”katanya.

Masih kata Sunarna, informasi dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermasdes) Klaten, sejauh ini sudah ada sekitar 200 desa yang mengajukan pencairan DD tahap II. Hanya saja pengajuan belum diserahkan ke BPKD karena dana belum ditransfer oleh pusat, baru hari ini. Selain itu, pengajuan desa sempat terlambat karena kendala aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

Diminta, agar sisa waktu di 2017 dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membuat laporan pertanggungjawaban. “Jika laporan pertanggungjawaban mengalami keterlambatan, dipastikan akan mengganggu pencairan anggaran tahun depan,”ujarnya.

Terkait, Plt Bupati Klaten, Sri Mulyani, minta agar Kepala desa segera melakukan percepatan laporan pertanggungjawaban keuangan anggaran desa.” Sisa tahun 2017 tinggal 2 bulan, dengan waktu yang sempit itu, kami minta dimanfaatkan sebaik-baiknya dan bisa dipertanggungjawabkan.” (Hyo)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar