Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Empat Desa di Tulung - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 22 Maret 2018

Puting Beliung Porak Porandakan Rumah Empat Desa di Tulung


Terlihat masyarakat sedang antri mengambil Tilang di Kantor Kejaksaan Klaten. (foto/Dok/KLAKON.com)
KLAKON.com –Hujan lebat disertai angin kencang Puting Beliung menerjang dan memporak –porandakan rumah dan menumbangkan pohon-pohon di empat Desa di Kecamatan Tulung, Rabu siang  (21/3/2018).

Informasi yang berhasil dihimpun KLAKON.com,  menyebutkan, dari empat Desa yang terdampak amukan puting beliung yakni, di Desa Mundu, ada 11 rumah rusak berat/ringan, 2 rumah roboh. Di Desa Kemiri,  10 rumah dan 1 Masjid rusak tertimpa pohon dan atap rumah beterbangan. Di Desa Sedayu ada 7  rumah rusak. Di Desa Pomah, tercatat ada 3 rumah, satu diantaranya roboh.

[caption id="attachment_1016" align="alignleft" width="715"] Rumah tertimpa pohon akibat terjangan angin puting beliung di Tulung. (Foto/Dok/KLAKON.com)[/caption]

Total bangunan rumah yang terdampak sedikitnya ada 31 rumah dan satu bangunan Masjid mengalami rusak berat/ ringan.  Kerugian akibat bencana angin kencang puting beliung yang melanda Kecamatan Tulung sore itu, 1 orang warga mengalami luka-luka dan ditaksir hingga mencapai ratusan juta rupiah.

Saksi mata Fadli (29) warga Tulung,  mengatakan,siang itu tampak awan hitam pekat sepertinya bergelayut disekitaran kecamatan Tulung, sekitar pukul 14.00 WIB. Tak selang berapa lama diawali dengan turun hujan sangat lebat dengan butiran air besar, kemudian disertai angin kencang  yang laju gerakannya seperti memutar, mutar sehingga banyak pohon tumbang  menimpa rumah, dan banyak atap seng dan genting pada beterbangan. “ Sangat mengerikan kejadian bencana angin puting beliung siang itu,”katanya, sambil berlarian ingin menolong tetangganya yang sedang tertipa musibah.

Sementara itu, ditempat terpisah, di peroleh informasi, di Desa Sajen, Trucuk, mengalami hal serupa juga diterjang amukan angin kencang puting beliung. Akibatnya 2 buah pohon jati  tumbang melintang dibadan jalan, yang berimbas kemacetan lalulintas terjadi di jalan raya Trucuk – cawas tersebut. 1 pohon di tanggul Kali cino, 1 pohon tumbang menimpa kandang sapi di Dukuh Wonorejo, 2 ranting pohon asem patah di Dukuh  Jonilo,  1 Pohon Munggur berdiameter 70 cm tumbang, di Dukuh Ngentak,  Desa Sajen dan  4 pohon tumbang didepan balai Desa Bero, Trucuk. Tidak ada korban jiwa akibat musibah amukan angin kencang puting beliung.   (N’der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar