Peringati Hari Otonomi Daerah ke XXII, Klaten Gali Potensi Daerah - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 25 April 2018

Peringati Hari Otonomi Daerah ke XXII, Klaten Gali Potensi Daerah

KLAKON.Com -- Pemerintah Kabupaten Klaten, Rabu pagi, 25 April 2018 menggelar apel pagi untuk memperingati Hari Otonomi Daerah ke XXII di Halaman Pendopo Pemkab Klaten dengan dipimpin Asisten I Setda Klaten, dr Ronny Roekmito, MKes. Apel Hari Otonomi Daerah menjadi momentum untuk menggali potensi yang dimiliki Kabupaten Klaten untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.
Pada apel Hari Otonomi Daerah tersebut, Asisten I Setda Klaten dr Ronny Roekmito MKes membacakan amanat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo. Apel Hari Otonomi Daerah juga dihadiri Asisten II Setda Klaten Drs H Purwanto AC MSi, Asisten III Setda Klaten, H Sri Winoto SH, Staf Ahli Bupati dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten.
Kemudian untuk peserta apel dari jajaran staf dari OPD yang ada di lingkungan Setda Klaten antara lain dari Bagian Humas, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemkab Klaten, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Kepegawaian dan Pelatihan Daerah serta dari sejumlah OPD lain.
Dalam amanatnya, Mendagri seperti dikutip dr Ronny Roekmito MKes menyatakan, menapaki usia 22 tahun otonomi daerah sekaligus menyongsong HUT ke-73 Kemerdekaan RI segenap rakyat Indonesia dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote tak kenal lelah terus bekerja untuk menjemput impiannya sebagai bangsa maju di dunia. Bangsa Indonesia yang sekarang ini berpenduduk 261 juta jiwa lebih bahu membahu meraih kemajuan, mengejar ketertinggalan demi meraih kejayaan terwujudnya rakyat sejahtera adil dan makmur.
Dikatakan, tema Hari Otonomi Daerah ke XXII yakni Mewujudkan Nawa Cita Melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis. Penyelenggaraan otonomi daerah yang bersih dan demokratis pemetintahan daerah harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolak ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan.
Untuk memastikan penyelenggaraan otonomi daerah, kata dr Ronny, saat ini pemerintah telah menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 12 Tahun 2017 tentang pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Peraturan ini memperjelas mekanisme koordinasi antara Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dengan aparat penegak hukum sehingga dalam menangani pengaduan masyarakat akan dipelajari bersama apakah mengarah pada indikasi korupsi atau kesalahan administrasi agar diskresi administrasi tidak menimbulkan pidana.
Selain itu, kata dr Ronny, saat ini pemerintah juga telah menerbitkan PP Nomor 38 Tahun 2017 tentang inovasi daerah.PP tersebut mengatur batasan inovasi daerah untuk mengembangkan peluang daerahnya di lain sisi juga inovasi daerah agar tidak terjadi penyalahgunaan wewenang.
Pada kesempatan itu, Mendagri seperti disampaikan dr Ronny mengungkapkan, tahun 2018 ada dua even penting yakni Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 di 171 daerah yakni 17 provinsi dan 115 kabupaten dan 39 kota. Peristiwa lainnya Asian Games ke-18 pada 18 Augustus 2018 sampai 2 September 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang serta beberapa tempat sebagai pendukung yakni di Lampung, Jawa Barat dan Banten, maka pemerintah mohon dukungan seluruh rakyat Indonesia agar Asian Games yang berlangsung di Indonesia berjalan lancar dan sukses. Apel Hari Otonomi Daerah ke XXII dimulai pukul 07.15 WIB dan selesai sekitar pukul 08.00 WIB. (N'der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar