TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 TNI Manunggal Rakyat MembangunKarakter dan Kemandirian Bangsa - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 05 April 2018

TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 TNI Manunggal Rakyat MembangunKarakter dan Kemandirian Bangsa

Sekda Klaten Jaka Sawaldi membuka TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018, di Desa Kunden, Karanganom, Klaten (Foto/Dok/KLAKON.com)
KLAKON.com – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I tahun 2018 dengan mengambil tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa.” Di laksanakan di Desa Kunden, Kecamatan Karanganom, Klaten, Rabu (4/4/2018).

Sekda Klaten Jaka Sawaldi membuka TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018, di Desa Kunden, Karanganom, Klaten (Foto/Dok/KLAKON.com)

Perwira TNI Kodim 0723/Klaten Pelaksana TMMD Sengkuyung Tahap I,  Kapten Inf Sukatman melaporkan, TMMD Sengkuyung Tahap I ini akan mengerjakan kegiatan fisik dan kegiatan non fisik.

Untuk kegiatan fisik berupa betonisasi jalan (dengan panjang 255 meter, lebar 3 meter, dan tebal 12 cm), rehab rumah 10 unit, pembuatan jamban keluarga 6 unit, dan perbaikan tempat ibadah 1 unit.

Sedangkan untuk kegiatan non fisik penyuluhan dengan materi penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara. Penyuluhan terhadap peran Polri dalam mewujudkan Kamtibmas, penyuluhan narkoba, penyuluhan sertifikasi tanah dan permasalahannya, penyuluhan radikalisme dan penyimpangannya, penyuluhan keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja, penyuluhan perlindungan anak dari kekerasan lingkungan, dan penyuluhan mengatasi masalah tanpa masalah dari Pegadaian,”tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Klaten, Jaka Sawaldi dalam sambutannya, mewakili Plt Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko, menyatakan, TMMD Sengkuyung merupakan bagian dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan untuk mengatasi persoalan-persoalan Bangsa Indonesia.

Saat ini jumlah penduduk miskin di JawaTengah per bulan September 2017 sebanyak 4,197 juta jiwa atau 12,23%, dan  jumlah pengangguran terbuka Jawa Tengah per bulan Agustus 2017 sebesar 4,57%. Sedang untuk Indeks Pembangunan Manusia (IPM), Jawa Tengah Tahun 2016 berada pada angka 69,98.

“Hal ini menjadi  PR (pekerjaan rumah) bersama yang harus dikeroyok dan diselesaikan bersama-sama. Maka, TMMD sebagai program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian, Lembaga Pemerintah Non Kementerian dan Pemerintah Daerah, serta segenap lapisan masyarakat merupakan salah satu langkah nyata guna mengatasi berbagai permasalahan yang ada saat ini,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pelaksanaan program TMMD Tahap I Tahun 2018 yang berlangsung dari tanggal 4 April sampai dengan 3 Mei 2018 ini akan diarahkan pada pembangunan infrastruktur, sarana prasarana fasilitas umum dan sosial yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat di daerah, membuka isolasi antar desa sehingga semakin meningkatkan roda perekonomian daerah.

“TMMD Sengkuyung juga untuk meningkatnya kesehatan lingkungan dan sanitasi di kawasan padat penduduk dan kumuh perkotaan serta gerakan masyarakat hidup sehat,”katanya

Masih kata Heru Sudjatmoko, Program TMMD juga mendapatkan dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka membangun karakter generasi penerus bangsa. Sehingga ketahanan bangsa yang dijiwai Pancasila, UUD 1945, dan Bhinneka Tunggal Ika tetap terus terjaga dari gangguan virus berupa terorisme, radikalisme, dan narkoba.

“Sinergitas Program Kementerian  Pendidikan dan Kebudayaan dengan Program TMMD Sengkuyung Tahap I yang siap disinergikan meliputi antara lain pemberantasan buta aksara, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), pendidikan karakter, termasuk pendidikan keluarga,pendidikan keterampilan dan pendidikan kesetaraan yang semuanya berbasis desa.

Sinergitas dan kemanunggalanTNI dengan rakyat, serta Pemerintah Pusat dan Daerah melalui TMMD seperti inilah yang menjadi suatu kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu persoalan terkini dengan solusi  ingin seluruh desa di Jawa Tengah semakin maju dan mandiri.

“Dengan mengangkat tema “TNI Manunggal Rakyat Membangun Karakter dan Kemandirian Bangsa”, maka TMMD ini harus disukseskan bersama,”tandasnya.

Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2018 di desa Kunden ini diikuti  jajaran anggota TNI/Polri, pelajar, mahasiswa, perwakilan organisasi kemasyarakatan dan jajaran pejabat Pemkab Klaten. (N’der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar