Bersih Rowo Jombor, 300 Tumpeng Tasyakuran di Kirab ke Tengah - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 16 Mei 2018

Bersih Rowo Jombor, 300 Tumpeng Tasyakuran di Kirab ke Tengah

KLAKON.com - Komunitas  Peduli Rowo Jombor (Komprojo) bersama masyarakat sekitar, Minggu pagi (13 /5/2018), menggelar syukuran dan doa bersama atas selesainya gotong royong Gerakan Bersih-bersih Eceng Gondok di Rowo Jombor (Geber Endok Rojo).

Sedikitnya ada 300 lebih tumpeng syukuran, dikirab ke tengah Rowo Jombor dengan menggunakan  ratusan alat transportasi khas Rowo Jombor berupa getek dan perahu.

Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi Komprojo yang didukung oleh jajaran pejabat pemkab Klaten dan  Bupati Sri Mulyani.
Sekda Jateng, Dr Ir Sri Puryono KS MP bersama jajaran pejabat dari pemerintah pusat dan provinsi Jawa Tengah hadir pada acara tersebut, serta ribuan warga ikut meramaikan acara yang digelar disebelah barat Rowo dengan mengadakan doa dan makan bersama.

Kegiatan bersih Enceng gondok di Rowo Jombor oleh warga masyarakat bersama Komunitas Peduli Rowo Jombor,TNI, Polri, Pemkab Klaten, BBWS Bengawan Solo serta relawan dan komunitas di Klaten dengan memakan waktu selama hampir dua bulan.

Untuk syukuran ini, warga   menyiapkan lima gunungan besar yang  diarak  ketengah Rowo dengan lima kapal perahu besar dan ratusan getek milik warga.

Suripto, salah satu panitia gotong royong resik resik eceng gondok mengungkapkan, warga merasa sangat bersyukur sekali, karena kerja keras selama hampir dua bulan ini dibantu alat berat dari BBWS Bengawan Solo,  TNI, Polri, relawan, komunitas dan Pemkab Klaten akhirnya Rowo Jombor purba bersih dari eceng gondok.

Sehingga pihaknya bersama warga lain berinisiatif menggelar acara doa bersama dan syukuran serta maka bersama di tengah Rowo Jombor Purba  bersama semua pihak. Warga juga bersyukur pihak Kabupaten Klaten, dalam hal ini Bupati Klaten, langsung merespon dan menanggapi baik keinginan  warga

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengaku sangat senang dan takjub atas semangat dan kekompakan warga dan semua pihak dalam penataan Rowo Jombor Purba yang diawali dengan pembersihan eceng gondok ini.

Bupati Klaten  berharap agar warga dan semua pihak ini tetap kompak saat program-program penataan ini akan diteruskan.

Lebih lanjut,  kata Bupati Sri Mulyani,  mengucapkan terimakasih kepada semua pejabat yang menghadiri   syukuran dan doa bersama. Dengan acara tersebut, Pemprov Jateng, serta perwakilan Kementrian PUPR, Kampus UGM, BNPB dapat bersama-sama melihat kekompakan warga dalam mendukung penataan Rowo Jombor.

Komitmen bersama ini, masih kata Bupati Sri Mulyani, menjadi sebuah kekuatan untuk terus berbenah dan menjadikan Rowo Jombor Purba ini menjadi program unggulan Kabupaten Klaten dan juga Provinsi JawaTengah. 

"Sehingga akhirnya nanti Rowo Jombor Purba dapat memberikan dampak yang baik untuk kesejahteraan seluruh masyarakat," pungkasnya. (N'der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar