Hardiknas 2018, Mengutkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 03 Mei 2018

Hardiknas 2018, Mengutkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan

KLAKON.com - Pemkab Klaten, Rabu, 2 Mei 2018 menggelar upacara Hari Pendidikan Nasional (HPN) Tingkat Kabupaten Klaten tahun 2018 di Alun-alun Klaten. Bertindak selaku inspektur upacara Bupati Klaten Hj Sri Mulyani.
Tema Hardiknas tahun 2018 adalah Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan.

Para petugas upacara antara lain Perwira upacara Sekretaris Dinas Pendidikan Klaten, Sri Nugroho, Komandan Upacara Drs Umbar Kusnadi, Pembaca UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945 Radika Siwi dari SMAN 1 Klaten.

Peserta upacara Hardiknas antara lain jajaran guru, mahasiswa, pelajar SD, SMP dan SMA serta anggota Pramuka. Tampak hadir di tamu kehormatan antara lain jajaran pejabat Muspida Klaten dan para kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutan membacakan amanat Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Muhajir Efendi menyatakan, dalam memperingati Hardiknas untuk memperingati lahirnya tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Upacara Hardiknas dapat dijadikan sarana UU untuk muhasabah dan merenungkan berbagai upaya yang dilakukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia .
Dikatakan UU Sistem Pendirian Nasional tahun 2013 dinyatakan bahwa roh pendidikan adalah kebudayaan. Jika kebudayaan kuat maka pendidikan akan semakin kuat di bumi Indonesia.

Menurutnya, pendidikan dan kebudayaan terus berupaya untuk semakin maju. Indonesia adalah kaya raya dalam bidang kebudayaan bahkan UNESCO lembaga PBB yang mengani pendidikan dan kebudayaan bahwa Indonesia adalah negara adidaya dalam bidang kebudayaan.
Mendiknas seperti dikutip Bupati Klaten menyatakan, seluruh komponen dalam bidang pendidikan dan kebudayaan harus punya daya juang dan jelajah untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Pembangunan infrastruktur di Indonesia seperti jalan, listrik, waduk, pembangunan tapal batas telah memberikan kesempatan kepada anak-anak di pulau terpencil untuk dapat mengenyam pendidikan.

Menurut Mendiknas, pendidikan karakter dan literasi harus dikuatkan untuk mendukung pendidikan karakter guna menangkal pengaruh eksternal pendidikan dengan membanjirnya informasi. Di lingkungan internal tri pusat pendidikan yang digagas Ki Hadjar Dewantara yakni rumah, sekolah dan masyarakat guna membangun jiwa kejujuran, pembangunan pendidikan dengan pembelajaran yang mutakhir untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Indonesia akan mampu menjadi negara besar, asalkan kata Bupati Klaten, semua komponen harus bersatu.  Pendidikan informal dan nonformal harus terus dikembangkan guna mendukung pendidikan nasional sehingga mampu mewujudkan generasi Indonesia yang cerdas.

Pada upacara Hardiknas tersebut, Bupati Klaten menyerahkan piala hasil lomba dalam rangka Hardiknas antara lain guru dan kepala sekolah berprestasi mulai  TK, SD, SMP, lomba olimpiade sains Siswa SMP, gala siswa Indonesia direbut SMPN 2 Klaten.

Kemudian lomba menulis cerpen, lomba membaca puisi, pemilihan siswa berprestasi tingkat SD, lomba cerdas cermat SD, lomba olahraga bulutangkis SD, renang tingkat SD serta sejumlah lomba lainnya.

Penyerahan hadiah oleh Bupati Klaten didampingi Muspida Klaten dan Kepala Dinas Pendidikan Klaten H Sunardi SPd MM dan upacara Hardiknas di Alun-alun Klaten dimulai sekitar pukul 07.45 WIB sampai pukul 08.30 WIB. (N,der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar