Hardiknas, Pusaka Gadul Pentaskan Ande-Ande Lumut di Panggung RSPD - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 08 Mei 2018

Hardiknas, Pusaka Gadul Pentaskan Ande-Ande Lumut di Panggung RSPD

KLAKON.com - Paguyuban Seniman Campursari Klaten (Pusaka) dengan mengusung kreasi musik model baru Gamelan Dudul (Gadul) untuk kedua kalinya tampil dalam acara rutin setiap malam Rebo wage (Bogeman) di panggung hiburan Sunan Pandanaran komplek RSPD Klaten, dengan cerita Ande-Ande Lumut.
Ketua Pusaka Hartana Gilang mengatakan, pentas Gamelan Dudul kreasi Pusaka untuk keduakalinya ini, selain acara pentas rutin setiapeni  malam Rabu Wage, juga dalam rangka untuk memperingati hari pendidikan Nasional (Hardiknas).
"Kita akan terus menguri-uri dan selalu berkreasi dalam seni budaya Jawa, khususnya seni Campursari Gamelan Dudul, yang dipadu dengan tari-tarian jawa klasik," paparnya.
Lebih jauh, menurut Hartono Gilang, kreasi musik Gadul, berasal dari komponen musik orgen tunggal, kemudian masing-masing memerankan bunyi gamelan. Ada Bonang, kempul, kenong, saron dan lainya, kecuali Kendang yang tidak diganti dengan alat musik Orgen.
" Selain kendang, semua irama musik gamelan diganti mamakai alat musik Orgen," urainya.
Terkait, Jimbling Supriyadi, penasehat Pusaka Gadul, berharap Pemkab Klaten, bisa memihaki kegiatan ini. Karena pagelaran tersebut mengakomodir banyak seni budaya yang ada, yakni seni tari, seni fragmen, seni karawitan dan seni moderen. Keseluruhan bentuk budaya yang ditampilkan adalah nguri-uri budaya.
" Semestinya pemkab mau memihaki kegiatan ini, baik moril maupun materiil," tandasnya. (N'der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar