Festival Kuliner Klaten Jadi Agenda Rutin Tahunan. 2019 Akan Hadirkan Presiden Joko Widodo - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 19 Juni 2018

Festival Kuliner Klaten Jadi Agenda Rutin Tahunan. 2019 Akan Hadirkan Presiden Joko Widodo

KLAKON.com - Pemkab Klaten bersama para pengusaha dan pedagang di Kabupaten Klaten, menggelar festival kuliner di Alun-Alun Klaten,Sabtu (17/6/2018). Acara yang direncanakan menjadi agenda rutin tahunan ini, dihadiri Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah Hj Kadarwati SH MH dan ratusan tokoh serta sejumlah pejabat pemkab Klaten, antara lain Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM, Asisten 2 Sekda Klaten Drs H Purwanto AC MSi dan Kabag Umum Setda Klaten Drs H Amin Mustofa MSi.

Festival kuliner tahun 2018 ditandai dengan makan bersama nasi gudangan yang ditempatkan di atas daun pisang yang ditata sepanjang lebih 20 meter di dua lokasi yang ada di Alun-alun Klaten.

Ketua Panitia Festival Kuliner, Eko Willy, mengatakan, festival kuliner bertujuan untuk mengangkat potensi makanan tradisional di Klaten sehingga masyarakat dapat menikmatinya. Sekaligus untuk menyambut warga Klaten yang merantau di luar Klaten saat mudik di Klaten sehingga dapat menambah khasanah kuliner yang ada di Klaten. "Tujuannya untuk mengangkat potensi makanan dan aneka jajanan tradisional Klaten," ujar Willy.

Lebih lanjut, kata Willy, festival kuliner menyediakan aneka makanan khas Klaten seperti jananan pasar, apem, aneka masakan Jawa serta aneka makanan produk asli Klaten. Festival kuliner rencananya akan diadakan setiap tahun pada Hari Raya Idul Fitri dan untuk festival kuliner tahun 2019 rencananya akan menghadirkan Presiden Ir H Joko Widodo. " Rencana tahun depan akan menghadirkan Presiden RI, Ir Joko Widodo," katanya.

Sementara itu, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan, atas nama pribadi dan Pemkab Klaten menyambut  baik dengan digelarnya festival kuliner dan mengucapkan terimakasih kepada panitia yang telah mempersiapkan segalanya sehingga festival kuliner ke-2 tahun 2018 dapat diselenggarakan. Festival kuliner pertama digelar tahun 2017 juga bersamaan dengan mementum lebaran Idul Fitri. "Kami sangat mengapresiasi digelarnya festival kuliner Klaten, yang berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat," kata Bupati.

Menurut Bupati Sri Mulyani, Kabupaten Klaten banyak mempunyai makanan kas yang sampai sekarang masih digemari masyarakat seperti nasi gudang, jajanan tradisional, apem, nasi lodeh, nasi opor dan sebagainya.

"Untuk itu kepada pelaku kuliner di Klaten agar makanan kas Klaten dapat dipertahankan dengan kualitas rasa yang memadai dan dengan harga terjangkau sehingga masyarakat Klaten dan warga luar Klaten yang singgah di Klaten dapat menikmati kuliner kas Klaten."

Terkait, Gubernur Jateng, H Ganjar Pranowo kepada pers mengatakan, festival kuliner yang digelar bersamaan momentum Idul Fitri sangat baik karena dapat membuat masyarakat senang.

"Apalagi pada festival kuliner tersebut ada makanan kas seperti nasi gudang yang dapat dinikmati  bersama secara gratis,"ujarnya. (N'der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar