Festival Gejok lesung Tandai Semarak Hari Jadi Kabupaten Klaten ke 214 - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 21 Juli 2018

Festival Gejok lesung Tandai Semarak Hari Jadi Kabupaten Klaten ke 214

KLAKON.com - Semarak peringatan hari jadi kabupaten Klaten ke 214 ditandai dengan gelaran festival Gejog Lesung. Sedikitnya ada 31 tim Gejog Lesung dari perwakilan kecamatan se Kabupaten Klaten, melakukan aksi memainkan musik tradisional tersebut  di Lapangan Desa Barepan, Cawas, Sabtu (21/7/2018).

Camat Cawas, Much Nashir,  dalam keteranganya mengatakan, Festival Gejog Lesung tahun ini menginjak tahun ke empat, digelar sebagai rangkaian peringatan Hari Jadi ke-214 Kabupaten Klaten. Dari 26 kecamatan yang tidak mengirimkan perwakilannya dari kecamatan Wonosari, karena Camatnya akan memasuki masa pensiun

"Dalam festival gejog lesung durasi penampilan setiap tim (Kelompok) dibatasi hanya 10 menit, dengan membawakan lagu wajib Lesung Jumengglung dan satu lagu pilihan. Beberapa lagu pilihan diantaranya, Ronda Kampung, Gugur Gunung dan lagu lainnya. Sementara untuk penilaian diambil berdasarkan, kekompakan tim, harmonisasi, kostum, koreografi dan kreatifitas tim," jelas Camat Nashir.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh pemerintah kecamatan Cawas. Sri Mulyani, berharap festival ini bisa dijadikan agenda tahunan, bisa digelar rutin setiap tahun. Selain itu Bupati Sri Mulyani juga meminta festival Gejog Lesung untuk ber- inovasi dan ada kreasi, agar tak monoton. 

"Dengan digelarnya Festival Gejog Lesung akan menumbuhkan kecintaan terhadap seni budaya musik tradisional Gejog Lesung. Apabila generasi muda sudah mencintai budaya sendiri, mau menguri - uri dan melestarikan, dipastikan pengaruh budaya luar bisa dihindari," harap Bupati. 

Berdasarkan penilaian dewan juri,  juara 1 dari kecamatan Wedi dengan nilai 1152, juara 2 nilai 1138 dari kecamatan Trucuk, Juara 3 nilai 1094 dari Kecamatan Prambanan dan Juara harapan masing masing dari Desa Barepan nilai 1076 dan Kecamatan Karangdowo dengan nilai 10721. (N'der)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar