TMMD Sengkuyung II Di Candirejo Ngawen, Giat Bangun Fisik Dam Nonfisik - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 10 Juli 2018

TMMD Sengkuyung II Di Candirejo Ngawen, Giat Bangun Fisik Dam Nonfisik

KLAKON.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0723 Klaten menggelar TMMD Sengkuyung Tahap II Tahun Anggaran 2018 di Lapangan Desa Candirejo, Kecamatan Ngawen, Selasa (10/7/2018) dibuka oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani atas nama Gubernur Jawa Tengah.

Dalam pidatonya, Komandan Kodim 0723 Klaten, Lekol Infanteri  Eko Setyawan didampingi Perwira Pelaksana Kapten Infanteri Sukatman mengatakan, sumber dana TMMD Sengkuyung tahap II berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah Rp 187.200.000, APBD Kabupaten Klaten Rp 243.300.000 juta dan swadaya warga Rp 20 juta. Sehingga total biaya untuk mendukung TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Candirejo Ngawen yang diadakan mulai 10 Juli hingga 8 Agustus 2018 sebesar Rp 450.500.000.

Kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap II, kata Letkol Eko Setyawan, meliputi kegitan fisik dan nonfisik. Untuk kegiatan fisik antara lain betonisasi jalan panjang 1.100 meter dengan lebar 3 meter dan tebal 12 centi meter. Kemudian rehab rumah 10 unit, pembangunan 10 unit jamban keluarga dan perbaikan tempat ibadah satu unit.

Untuk kegiatan nonfisik, berupa penyuluhan antara lain penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara, penyuluhan peran Polri dalam mewujudkan Kamtibmas, penyuluhan narkoba, penyuluhan sertifikasi tanah dan perasalahannya.

Kemudian penyuluhan radikalisme dan penyimpangannya, penyuluhan keselamatan kerja dan asuransi tenaga kerja, penyuluhan perlindungan anak dan kekerasan lingkungan serta penyuluhan dari Pegadaian dengan selogan menyelesaikan masalah tanpa masalah," paparnya.

Lebih jauh, kata Komandan Kodim 0723 Klaten Lekol Infanteri  Eko Setyawan, pada TMMD kali ini juga digelar malam kegiatan khusus, antara lain bazar murah dari Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, baksos pelayanan KB kesehatan dan pengobatan gratis.

"Manfaat proyek TMMD antara lain memperlancar transportasi, meningkatkan perekonomian, membuka akses jalan pertanian guna meningkatkan hasil pertanian untuk mendukung ketahanan pangan masyarakat serta memupuk jiwa gotong royong, dan persatuan kesatuan warga," tandasnya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mewakili  Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo,  dalam sambutannya, mengucapkan rasa terima kasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat Jawa Tengah karena mampu mensukseskan gelaran Pilkada Jawa Tengah dan Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Gubrnur Jateng juga berterimakasih karena partisipasi masyarakat semakin baik dan Pilkada berjalan dengan lancar, aman serta demokratis.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo seperti dikutip Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengatakan, TMMD telah banyak memberikan pelajaran berharga betapa penting dan luar biasanya semangat gotong-royong membangun bangsa.

Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan keterampilan, sumbangan materi dan kebendaan, dan lain-lain.

Gubernur Jateng H Ganjar Pranowo merasa senang atas kegiatan-kegiatan yang berbasis kegotong royongan untuk kemaslahatan, sebagaimana TMMD. "Karena TMMD membangun jalan dan jembatan bebarengan. Sudah banyak yang temoto dan sangat membantu aksesibilitas masyarakat untuk mereka yang akan bekerja, bersekolah, beribadah, berkegiatan sosial, dan aktivitas lainnya."

TMMD, kata Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, juga  memugar Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), membangun jambanisasi, ataupun sanitasi. Sangat baik untuk meningkatkan derajat kehidupan masyarakat yang lebih layak dan sehat. Belum lagi upaya-upaya pemberdayaan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan.

Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo menegaskan, TMMD sangat  luar biasa di tengah upaya pemerintah mengatasi persoalan kemiskinan di Jawa Tengah yang angkanya masih cukup tinggi yaitu 12, 23 persen pada tahun 2017.

TMMD juga sangat baik karena mampu mengedukasi masyarakat tentang pentingnya wawasan kebangsaan, bela negara, nasionalsme, pencegahan narkoba dan radikalisme. (N'der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar