Dinkes Klaten Gelar Pameran Germas, Melalui Lomba Merangkai Buah dan Sayuran - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 08 Agustus 2018

Dinkes Klaten Gelar Pameran Germas, Melalui Lomba Merangkai Buah dan Sayuran

KLAKON.com - Dalam rangka penyebarluasan informasi melalui media pameran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Klaten, Selasa (7/8/2018) menggadakan pameran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang dirangkai dengan lomba merangkai buah dan sayur lokal yang diselenggarakan di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinkes Kabupaten Klaten, Dr Cahyono Widodo MKes dalam laporannya mengatakan, kegiatan penyebarluasan informasi melalui media pameran dilatarbelakangi meningkatnya kejadian penyakit tidak menular yang membawa dampak merugikan warga antara lain naiknya pembiayaan pelayanan kesehatan yang ditanggung masyarakat atau pemerintah.
Kemudian menurunnya produktivitas masyarakat dan menurunnya daya saing yang akhirnya mempengaruhi kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Maka dari itu, tegas Dr Cahyono Widodo MKes, perubahan perilaku ke arah yang lebih sehat  dan perbaikan lingkungan perlu terus dilakukan  secara sistematis da terencana oleh semua komponen bangsa. Oleh sebab itu Germas menjadi pilihan dalam mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang lebih baik.

Sedangkan media pameran, kata Dr Cahyono Widodo MKes, menjadi sarana yang digunakan promotor kesehatan untuk menyampaikan pesan, sehingga informasi dapat diterima oleh khalayak masyarakat. Tujuan dari pameran  Germas  yang dirangkai dengan lomba merangkai buah dan sayur lokal adalah untuk menyosialisasikan Germas pada lintas sektor dan masyarakat serta meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat tentang pentingya Germas.

Adapun peserta kegiatan, lanjut Dr Cahyono Widodo MKes, ada sebanyak 287 orang yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forum Germas, camat dan ketua TP PKK tingkat kecamatan dan jajaran kepala  Puskesmas di Klaten. Adapun lomba merangkai buah dan sayur lokal diikuti 26 kecamatan dan dari OPD terkait.

Dr Cahyono Widodo MKes menambahkan, kegiatan pameran Germas diisi beberapa acara antara lain senam bersama, kunjungan stand pameran, penilaian lomba merangkai buah dan sayur lokal, pemeriksaan kesehatan. Kemudian juga diadakan konseling gizi dan konseling menyusui.

Bupati Klaten dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM mengatakan, pembangunan kesehatan pada hakekatnya upaya yang dilaksanakan semua komponen Bangsa Indonesia dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit yang sering disebut transisi epidemiologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat Penyakit Tidak Menular (PTM).
Penyakit itu, kata Sekda Klaten, Drs H Jaka Sawaldi MM, meliputi stroke, jantung, diabetes, dan lain sebagainya.

Dampak meningkatnya PTM adalah banyaknya pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus ditanggung oleh masyarakat dan pemerintah. Derajat kesehatan masyarakat dipengaruhi 4 faktor masing-masing perilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan.
Faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat khususnya perilaku dan lingkungan, tegas Sekda Klaten, Drs H Jaka Sawaldi MM, dapat diwujudkan melalui Germas.

Maka Pemkab Klaten sangat menyambut baik dengan adanya kegiatan pameran  Germas yang dirangkai dengan lomba merangkai buah dan sayur lokal oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten dengan harapan semoga masyarakat Klaten dapat berperilaku hidup sehat dan menjaga lingkungan sehingga PTM bisa dicegah. (N'der)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar