Pejabat Klaten ikuti Uji Gagasan Seleksi Calon Pejabat Eselon II - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 29 Agustus 2018

Pejabat Klaten ikuti Uji Gagasan Seleksi Calon Pejabat Eselon II

KLAKON.com - Sedikitnya 34 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menduduki jabatan eselon III di lingkungan Pemkab Klaten, yang sudah dinyatakan memenuhi syarat kelengkapan dan keabsahan berkas lamaran, untuk mengikuti uji gagasan seleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama atau pejabat eselon II, selama empat hari mulai Senin (27/8/2018 hingga Kamis (30/8/2018) mendatang, di Ruang Rapat PT Perkebunan Nusantara X Unit Klaten di depan rumah dinas Bupati Klaten.

Pembukaan uji gagasan Calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Klaten diadakan Senin pagi (27/8) dihadiri Bupati Klaten yang diwakili Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM.

Panitia seleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama secara terbuka Pemkab Klaten tahun 2018 sebanyak tujuh orang yakni Rektor Universitas Widya Dharma (Unwidha) Prof Dr H Triyono, MPd sebagai ketua dan angota masing-masing, Dekan Fakultas Ekonomi Unwidha Dr Sutrisno Badri MSc,  Prof Dr Widodo Muktiyo MKom dari Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dr dr Ida Nurwati MKes juga dari UNS, Sekda Klaten Drs Jaka Sawaldi MM, Asisten II Sekda Klaten Drs Purwanto AC MSi dan Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Klaten Surti Hartini SH CN.

Ketua panitia seleksi,  Prof Dr H Triyono, MPd mengatakan, uji gagasan dimulai Senin (27/8) untuk calon yang mendaftar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) 4 orang dan Kepala Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Klaten 5 orang. Kemudian  pada Selasa (28/8) untuk calon yang mendaftar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) 4 orang dan  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Klaten 5 orang.

Kemudian, lanjut, Prof Dr H Triyono MPd, pada Rabu (29/8) untuk uji gagasan calon Kepala Dinas Kesehatan Klaten diikuti 6 orang dan untuk Kamis (30/8) untuk uji gagasan calon Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten diikuti 5 orang dan calon Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan KB (Dinsos P3AKB) Klaten diikuti 5 orang.

Pada seleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama saat ini ada satu dinas yang tidak dilanjutkan seleksinya yakni Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperwaskim) Klaten karena jumlah pelamar hanya 1 orang yakni Pramana Agus Wijanarka ST MSi atau pelamarnya kurang dari 4 orang, sehingga yang akan diisi ada 7 calon pejabat pimpinan tinggi pratama.

Menurut Prof Dr H Triyono, MPd, pada seleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama ada lima penilaian masing-masing kemampuan manajerial, uji gagasan, wawancara, rekam jejak dan kesehatan. Panitia seleksi bertugas secara tranparan dan terbuka demi mendukung tercapainya birokrasi yang dapat mengemban sebagai Kepala OPD untuk mendukung visi misi Bupati Klaten mewujudkan Klaten yang maju mandiri dan berdaya saing.

Terkait, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutan yang dibacakan Sekda Klaten Drs Jaka Sawaldi MM menyatakan, melalui seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama semoga nantinya mampu menghasilkan pejabat yang sesuai harapan masyarakat. Karena masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat, maka kepala OPD harus diisi pejabat yang ahli dan memiliki kompetensi.

Melalui uji gagasan, Bupati Klaten berharap, agar para calon pejabat pimpinan tinggi pratama dapat dilakukan secara sungguh-sungguh dengan mengajukan ide-ide, gagasan, pemikiran dan inovasi untuk bisa diterapkan di OPD yang nanti dipimpinnya.

Pada seleksi calon pejabat pimpinan tinggi pratama ini tidak memandang senior maupun yunior maupun tidak memandang pangkat dan golongan, namun mengedepankan persyaratan yang sudah dipenuhi atau tidak dan semoga calon yang sudah memenuhi persyaratan dapat memenuhi   kreteria penilaian yang disampaikan tim seleksi sehingga dapat terpilih 7 calon pejabat pimpinan tinggi pratama di Pemkab Klaten.

Menyinggung pejabat eselon II yang kosong, Sekda Klaten Drs H Jaka Sawaldi MM, jika nanti 7 OPD yang pejabatnya baru diseleksi ini terisi maka pada tahun 2018 ini masih ada 2 jabatan kepala dinas yang kosong yakni Kepala Disperwaskim dan Kepala Dinas Pendidikan Klaten. Karena saat ini Kepala Dinas Pendidikan Klaten H Sunardi SPd MM telah mengundurkan diri karena maju sebagai calon anggota legislatif (caleg) pada Pemilu 2019 dan kekosongan tersebut akan diisi pada tahun 2019 mendatang. (Jks )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar