Sanggar Lima Benua Kembali Gelar Pameran, Sunan Pandanaran - klakon.com

HEADLINE:

Minggu, 12 Agustus 2018

Sanggar Lima Benua Kembali Gelar Pameran, Sunan Pandanaran

KLAKON.com  Lagi, Sanggar Lima Benua terus berkreasi dengan karya seni lukis kontemporer. Untuk kesekiankalinya Sanggar Lima Benua menggelar Pameran. Kali ini  tema yang diangkat tentang perjalanan ritual Sunan Pandanaran di Tembayat.

Pameran diadakan di Sanggar Lima Benua di Dukuh Geritan, Desa Belang  Wetan, Kecamatan Klaten Utara, Kabupaten Klaten pada Jumat- Senin (10-13/8/2018). Gelaran Sunan Pandanaran di Ruang Publik Lima Benua ini diisi dengan pameran, dialog, lawatan, dan lomba seputar Sunan Pandanaran.

Panitia pameran, Temanku Lima Benua menyampaikan, pameran “Sunan Pandanaran” ini dimaksudkan  untuk mengenalkan perjalanan, pencerahan, dan kebesaran Sunan Pandanaran kepada generasi muda. “Kami ingin memvisualisasikan perjalanan, pencerahan, dan kebesaran Sunan Pandanaran agar mudah diterima anak-anak SD dan SMP,” ujarnya.

Liben menjelaskan, pada pameran ini Sanggar Lima Benua sengaja mengangkat sosok Sunan Pandanaran. Mengapa? Karena ketokohan murid Sunan Kalijaga (salah satu dari Wali Songo) itu dihiasi dengan ragam cerita turun-temurun yang penuh pesan kebijaksanaan.

“Karena itu, kami mengajak seniman Street Art Klaten untuk memvisualisasikan perjalanan, pencerahan dan kebesaran Sunan Pandanaran ini melalui lukisan. Tujuannya,  untuk memudahkan remaja mengenal sosok Sunan Pandanaran. Karena di sekolah, sejarah mengenai Sunan Pandanaran (secara detail) tidak diajarkan. Meskipun (sejarah itu) diajarkan, tetapi nggak seru, bikin ngantuk,”jelasnya.

Dikatakan, pameran mengenai Sunan Pandanaran ini juga untuk menyambut Hari Remaja Internasional atau International Youth Day yang jatuh pada 12 Agustus nanti. Pameran Sunan Pandanaran ini dibuka dengan penampilan kesenian reog Tirto Manunggal. Selain itu, peserta juga diajak berdialog dengan juru kunci makam Sunan Pandanaran dan berziarah ke makam Sunan Pandanaran di Bayat." (N'der)

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar