Semarak Festival Gemari, Diikuti 62 Tim OPD - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 30 Agustus 2018

Semarak Festival Gemari, Diikuti 62 Tim OPD

KLAKON.com - Sebanyak 62 tim menyemarakkan Festival Gemar Makan Ikan (Gemari) yang diselenggarakan di Halaman Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (DPKPP) Kabupaten Klaten, Rabu, 29 Agustus 2018. Festival Gemar Makan Ikan dimulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 13.15 WIB dengan dihadiri Bupati Klaten yang diwakili Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito, MKes.
Acara tersebut juga dihadiri Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten Ny Sri Harjanti Jaka Sawaldi dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala  DPKPP  Kabupaten Klaten, Joko Siswanto. Pada festival gemar makan ikan juga dimeriahkan lomba mewarnai dengan peserta puluhan siswa SD dari Kota Klaten dan sekitarnya.

Ketua Festival Gemar Makan Ikan, Wisnu Wijaya Putra mengatakan, tujuan festival gemar makan ikan sebagai upaya Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan). Melalui festival gemar makan ikan, DPKPP  Kabupaten Klaten mengajak masyarakat untuk gemar memakan ikan dari sekarang untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang sehat, cerdas, dan pintar.

Para peserta festival gerakan makan ikan, kata Wisnu Wijaya Putra, berasal dari seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Klaten, seluruh kecamatan yang ada di Klaten yang berjumlah 26 kecamatan dan dari Perusahaan Daerah (Perusda) yang ada di Klaten seperti dari PDAM, Bank Klaten dan Perusda Aneka Usaha Klaten," ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala DPKPP  Kabupaten Klaten, Joko Siswanto dalam sambutannya mengatakan, mengingat pentingnya gizi yang terkandung dalam ikan maka Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan konsumsi ikan nasional sebesar 41,11 kg/kapita/tahun.

Kemudian target konsumsi ikan Provinsi Jawa Tengah sebesar 26,71 kg/kapita/tahun dan realisasi konsumsi ikan di Kabupaten Klaten saat ini baru 19,18 kg/kapita/tahun.
Joko Siswanto mengatakan, Kabupaten Klaten mempunyai potensi perikanan melimpah dengan luas lahan pembudidayaan ikan 71,94 hektar, jumlah warga yang membudidayakan ikan sebanyak 3.351 Rumah Tangga Perikanan (RTP) dan produksi ikan pada tahun 2016 sebesar 28.316.545 ton. Di Klaten juga terdapat kegiatan penangkapan ikan di Perairan Umum Daratan (PUD) berupa waduk, sungai dan genangan air dengan luas lahan 2091,37 hektar dengan jumlah nelayan 1.459 RTP dan produksi hasil penangkapan tahun 2016 sebesar 988,4 ton.

Di era industrialisasi ini, kata Joko Siswanto, di Klaten telah ada Unit Pengolahan Ikan (UPI) sebanyak 150, pemasar produk perikanan 340 dan di Klaten mempunyai 75 pasar ikan tradisional.   Melalui festival Gemari diharapkan dapat mendorong tingkat konsumsi ikan bagi masyarakat Klaten sehingga nantinya masyarakat Klaten terwujud masyarakat yang  sehat, cerdas, dan pintar.

Pada festival Gemari tersebut, Bupati Klaten yang diwakili Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito, MKes yang didampingi Ketua  TP PKK Kabupaten Klaten Ny Sri Harjanti Jaka Sawaldi dan  Plt Kepala  DPKPP  Kabupaten Klaten, Joko Siswanto selaku dewan yuri kehormatan pukul 12.30 WIB langsung meninjau dan melakukan penilaian semua stand festival gemari dan pukul 13.00 WIB diadakan pengumuman pemenang festival gemari dan lomba mewarnai.

Adapun pemenang festival Gemari 2018 juara I dari DPKPP Klaten, juara II RSUD Bagas Waras, juara III Kecamatan Wedi, juara harapan I Kecamatan Ceper, juara harapan II Kecamatan Jogonalan dan juara harapan III Kecamatan Karangdowo. Sedangkan pemenang lomba mewarnai juara I dari SDN 4 Barenglor, juara II SDN Klaten Utara, juara III SDN 2 Barenglor, juara harapan I dari SD Pangudi Luhur Sugiyopranoto, juara harapan II dari Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Gading dan juara harapan III dari SDIT Hidayah. 
Pemenang festival gemari dan lomba mewarnai juara I, II dan III mendapatkan piala dan uang pembinaan, sedangkan juara harapan I, juara harapan II dan juara harapan III hanya mendapatkan uang pembinaan.

Penyerahan piala dan uang pembinaan untuk lomba mewarnai diserahkan Asisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito, MKes dan penyerahan piala dan uang pembinaan bagi juara festival Gemari diserahkan oleh Ketua  TP PKK Kabupaten Klaten Ny Sri Harjanti Jaka Sawaldi. (Jks)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar