Jaring Atlit Olah Raga Pelajar Berprestasi, Klaten Gelar POPDA - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 01 September 2018

Jaring Atlit Olah Raga Pelajar Berprestasi, Klaten Gelar POPDA

KLAKON.com - Pemerintah Kabupaten Klaten melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Klaten selama 10 hari mulai 1 sampai 10 September 2018 menggelar Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Kabupaten Klaten 2018. Acara pembukaan diadakan di Stadion Trikoyo pada Jumat pagi, 31 Agustus 2018 dan dibuka oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani.

Kepala Disparbudpora Kabupaten Klaten, Drs H Pantoro MM dalam laporannya mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya POPDA ada empat masing-masing, pertama memelihara dan meningkatkan persatuan dan kesatuan, kedua mengukur pembinaan prestasi olahraga pelajar tingkat Kabupaten Klaten, ketiga mempersiapkan atlet pelajar Kabupaten Klaten untuk event tingkat Solo Raya dan Provinsi Jawa Tengah dan keempat untuk sukses penyelenggaraan dan sukses prestasi,"kata Pantoro.

Lebih lanjut, dikatakan, untuk penyelengaraan POPDA Klaten 2018 menggunakan beberapa lokasi yakni Stadion Trikoyo untuk Cabang Olahraga (Cabor) atletik dan sepak bola, RSPD Klaten dan GOR IBC untuk bulutangkis, GOR Gelarsena untuk pencak silat dan tenis meja. Kemudian GOR SMAN 3 Klaten untuk cabor sepak takraw dan taekwondo, Lapangan Jonggrangan juga untuk sepak bola, Lapangan Merah Putih Bareng untuk untuk cabor bola voli, SMKN 3 Klaten untuk bola basket, Kolam Renang Dodiklatpur di Danguran, Klaten Selatan untuk cabor renang dan Balai Desa Jimbung untuk gulat," paparnya.

Masih kata Drs H Pantoro MM, kontingen POPDA Klaten ada 26 yakni dari semua kecamatan yang ada di Klaten. Sasaran POPDA Klaten 2018 adalah pelajar SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA sederajat di Kabupaten Klaten.

Cabang olahraga yang dipertandingkan untuk jenjang SD/MI ada 13 cabor 69 nomor, jenjang SMP/MTs 15 cabor 121 nomor dan jenjang SMA/SMK/MA juga 15 cabor dengan 127 nomor pertandingan.
Sementara itu dari jalannya pembukaan POPDA Klaten 2018 di Stadion Trikoyo Klaten, Jumat pagi, 31 Agustus 2018 diawali pukul 08.15 WIB dengan atraksi Drum Band SMK 2 Jatinom dan defile atlit. Setelah itu atraksi barongsai dan atlet berprestasi Cahya Erin Jaya peraih medali emas POPDA Provinsi Jateng 2018 dan peraih medali emas kejuaraan renang Asia Tenggara membawa hand bouget (bunga warna warni) untuk Bupati Klaten.

Setelah itu dilakukan janji atlet dan janji wasit untuk menyukseskan POPDA Klaten 2018. Kemudian dilanjutkan pembukaan POPDA Klaten 2018 oleh Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dengan menekan tombol sirine. Dengan penekanan tombol sirine tersebut secara bersamaan juga terjadi pelepasan balon udara, colour smoke (asap warna warni) dan beberapa nyala kembang api.

Bersamaan dengan menekan tombol sirine, Bupati Klaten Hj Sri Mulyani mengajak para atlet  untuk bangkit bersama meraih prestasi  dan melalui POPDA Klaten 2018 semoga mampu mencetak atlet-atlet berprestasi untuk Klaten yang maju mandiri dan berdaya saing. Setelah itu Bupati Klaten bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Klaten serta jajaran pejabat Pemkab Klaten turun dari podium kehormatan untuk bergabung bersama atlet untuk senam bersama dengan tembang Lagi Syantik. Usai senam Bupati Hj Sri Mulyani melayani para atlet dan para pelatih untuk berswafoto bersama.

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani melalui Kabag Humas Pemkab Klaten H Wahyudi Martono SSos MM mengharapkan, agar POPDA Klaten 2018 berjalan dengan lancar dan tertib serta nantinya mampu menghasilkan atlet-atlet yang dapat membawa nama   Kabupaten Klaten baik di kancah Solo Raya, Provinsi Jateng, nasional bahkan di kancah dunia internasional.

Semua atlet, wasit, ofisial dan panitia dari Disparbudpora Klaten untuk menjaga sportivitas sehingga POPDA dapat berlangsung fair play yakni sikap keolahragawanan, kesikapksatriaan dan sportivitas sebagai prinsip bidang olahraga  yang senantiasa dijunjung tinggi. (Sas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar