Meriah, Grebeg Pasar Cawas, Dari Kirab Gunungan Hasil Bumi Hingga Aneka Pertunjukan Seni Budaya di Tampilkan - klakon.com

HEADLINE:

Minggu, 16 September 2018

Meriah, Grebeg Pasar Cawas, Dari Kirab Gunungan Hasil Bumi Hingga Aneka Pertunjukan Seni Budaya di Tampilkan

KLAKON.com - Pedagang pasar tradisional yang tergabung dalam Paguyuban Pedagang Pasar Masaran, Cawas,Klaten dan warung bengi (Wangi) menggelar ritual rutin tahunan bertajuk Gerbeg Pasar Tradisional,  Sabtu siang (15/9/2018) ditandai dengan kirab gunungan aneka hasil bumi untuk diperebutkan warga dan aneka pertunjukan seni budaya, yakni, Musik Gadul (Gamelan Dudul), Seni Reog Ponorogo, Drum Band Blek. Dan pada puncak acara malam harinya ditutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk oleh Ki Dalang Klelur.

Dalam sambutanya, Camat Cawas, Much Nasir, mengapresiasi kegiatan yang diadakan oleh Paguyuban  pedagang pasar Masaran Cawas. Selain melestarikan budaya dengan aneka pentas kesenian, kegiatan itu juga menjadi media mengakrabkan warga terutama para pedagang. “Kegiatan ini memberi warna tersendiri, karena terlihat disini para pedagang bisa bersatu saling membantu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Grebeg, Jimbling Supriyadi di sela-sela acara mengatakan, Grebeg Pasar Tradisional digelar oleh para pedagang yang tergabung dalam paguyuban warung bengi (Wangi) dengan jumlah 70 pedagang kuliner yang biasa berjualan saat malam di kawasan Pasar Masaran. “Kegiatan kali ini telah terselenggara untuk ke 4 kalinya," kata Jimbling.

Lebih jauh, masih kata Jimbling Supriyadi, dalam grebeg tersebut para pedagang membawa puluhan tumpeng berisi nasi kuning,aneka sajian warung, serta membawa gunungan berisi aneka sayuran dan buah-buahan dengan mengelilingi kawasan Desa Cawas sepanjang sekitar 2 kilometer hingga kembali Pasar Masaran, dengan diiringi drum band dan kesenian reog,” urainya.

Menurut dia, gunungan yang dibawa kirab 6 buah gunungan besar serta 103 gunungan kecil. gunungan hasil bumi sayuran dan buah serta tumpeng tersebut kemudian dinikmati oleh semua warga yang hadir dalam acara tersebut. (Boen)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar