Spektakuler, FKP ke IX 2018 Libatkan 4 Kabupaten dan 2.030 Pelajar - klakon.com

HEADLINE:

Jumat, 07 September 2018

Spektakuler, FKP ke IX 2018 Libatkan 4 Kabupaten dan 2.030 Pelajar

KLAKON.com  Festival Kethoprak Pelajar di Klaten dari tahun ke tahun dinilai terus meningkat dan banyak digandrungi kaum pelajar. Hal ini tak lepas dari perjuangan penyelenggara yang terus berbenah, berkreasi dan berinovasi dalam pagelaran budaya seni Kethoprak melalui FKP ini. Tidak tanggung- tanggung, kali ini FKP ke IX tahun 2018 diikuti oleh  pelajar 4 Kabupaten serta melibatkan sedikitnya 2.030 pelajar dari 58 sekolah.

Festival Ketoprak Pelajar yang digelar  mulai tanggal 7 September sampai 7 Oktober 2018 ini diadakan dalam tiga tingkatan, yaitu tingkat SMA/SMK, SMP, dan SD. Dengan memperebutkan Piala Gubernur Jawa Tengah dan Piala Bupati Klaten.

Edy Sulistyanto, selaku inisiator Festival Kethoprak Pelajar di Klaten, mengatakan, Festival Ketoprak Pelajar ini bertujuan, memberikan media regenerasi, pendidikan karakter, kreatifitas, dan apresiasi seni ketoprak di kalangan pelajar. Melestarikan dan mengembangkan seni pertunjukan ketoprak. Dan mendukung Klaten sebagai Kota Ketoprak.

Lebih lanjut, dikatakan, untuk FKP tingkat SMA/SMK akan digelar mulai Jumat (7/9/2018) hingga Selasa (11/9/2018) atau lima hari. Diikuti oleh 27 sekolah, terdiri dari 11 SMA dan 16 SMK, serta dari 17 sekolah negeri dan 10 sekolah swasta. Dengan melibatkan pelajar SMA/SMK dari 4 kabupaten lain, yakni 19 sekolah dari Kabupaten Klaten, 2 sekolah dari Boyolali, 1 sekolah dari Karanganyar, dan 1 sekolah dari Sukoharjo. Untuk FKP tingkat SMA/SMK memperebutkan Piala Gubernur Jawa Tengah dan Piala Bupati Klaten, dengan kejuaraan 52 kategori.

Selanjutnya, untuk  FKP tingkat SMP digelar dari Sabtu (15/9/2018) sampai Minggu (16/9/2018) atau dua hari. Diikuti oleh 16 sekolah, terdiri dari 10 sekolah negeri dan 6 sekolah swasta. FKP tingkat SMP ini memperebutkan Piala Bupati Klaten dengan kejuaraan 31 kategori.

Dan, untuk FKP tingkat SD digelar dari Jumat (5/10/2018) sampai Minggu (7/10/2018) atau tiga hari. FKP tingkat SD diikuti 15 sekolah, terdiri dari 12 sekolah negeri dan 3 sekolah swasta. FKP tingkat SD ini memperebutkan Piala Bupati Klaten dengan kejuaraan 31 kategori.

"Tahun ini peserta FKP ke IX lebih meningkat, terbukti untuk tingkat SMA/SMK ada peserta dari sekolah kabupaten lain," kata Bos Amigo Grup ini menandaskan.

Masih kata Edy Sulistyanto, mimpi besar kami dalam FKP ini, adalah merangkai kemajemukan yang ada pada diri generasi muda. Kami juga berharap agar kualitas FKP bisa terus meningkat. Supaya ketoprak itu semakin diminati oleh kaum muda.

Maka, penampilan atau kemasan ketoprak harus bisa mengikuti zaman, baik itu dalam tata panggung, tata lampu, dan sebagainya. Sehingga kaum muda mau menonton ketoprak karena memang suka atau senang. Karena memang seni ketoprak itu mengasyikkan," ujarnya.

Menurut Edy Sulistyanto, Festival Ketoprak Pelajar ini disambut baik Gubernur  Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. “Hati saya selalu bergetar dan bangga setiap kali melihat dan terlibat dalam pentas seni ketoprak.
Saya menangkap nuansa kegembiraan dan kesukacitaan rakyat dalam suasana harmonis yang dibangun oleh event seni budaya tradisional kita.

Melalui Festival Ketoprak Pelajar ke IX ini, para pejuang olahrasa akan menunjukkan keluwesan, keindahan, penjiwaan dalam atraksi pertunjukan dan mengajarkan hebatnya nilai-nilai karakter luhur budaya. Maka saya medukung penuh kegiatan ini."

Untuk dewan juri pada FKP ke IX berasal dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Seni Budaya Yogyakarta, dan budayawan. Sementara sumber dana FKP berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) Amigo Peduli Budaya dan dibantu APBD Kabupaten Klaten melalui Kecamatan Klaten Tengah. (N'der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar