Dispermades Gandeng Pemdes Klaten Gelar Bursa Inovasi Desa. Puluhan Produk Inovasi Desa Di Tampilkan - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 01 November 2018

Dispermades Gandeng Pemdes Klaten Gelar Bursa Inovasi Desa. Puluhan Produk Inovasi Desa Di Tampilkan


KLAKON.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dispermades) menggandeng Pemerintahan Desa (Pemdes) Klaten, menggelar bursa inovasi desa di Gedung Sunan Pandanaran, Komplek RSPD Klaten, Kamis (1/11/2018) dengan menampilkan 70 produk inovasi desa. Dibuka Bupati Klaten Sri Mulyani dengan dihadiri Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto dan tamu undangan.

Kepala Dispermades Kabupaten Klaten, Jaka Purwanto SSos MM dalam laporannya mengatakan, bursa inovasi desa merupakan pelaksanaan program inovasi desa  dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Republik Indonesia.

Dari 70 inovasi desa yang ditampilkan terdiri dari stand pariwisata yang ditampilkan 26 kecamatan se Klaten dan selebihnya stand nonwisata meliputi pelayanan sosial dasar seperti pelayanan difabel, pertanian organik dan pengelolaan sampah.

 
Dijelaskan, Program Inovasi Desa  (PID) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan desa secara berkualitas.

Tujuanya program ini antara lain untuk mendukung pembangunan desa yang lebih kreatif dalam mendorong pengembangan ekonomi lokal dan pengembangan sumber daya manusia.

Pada kesempatan ini Kadispermades Jaka Purwanto mengucapkan terimakasih kepada Tenaga Ahli Program Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) tingkat kecamatan dan desa yang dinilai sudah mendukung dan menyukseskan acara bursa inovasi desa.

"Dengan bursa inovasi desa semoga dapat memacu desa yang lain untuk memanfaatkan dana desa untuk mengembangkan potensi desa dan masyarakat desanya masing-masing ke arah kemajuan yang baik," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Jawa Tengah, Nadi Santosa SP MSi dalam sambutannya mengatakan, kegiatan program inovasi desa merupakan program dari Kemendes PDTT  yang didukung Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo.

Bahkan, Gubernur Jateng mendukung agar penggunaan dana desa dapat mewujudkan 1 desa 1 inovasi sehingga menjadi tantangan pemerintah desa  dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki.
Program inovasi desa, kata dia, membuktikan dana desa dapat menumbuhkan inovasi sesuai potensi yang dimiliki desa."

Program ini didukung dana dari pusat lalu difasilitasi Provinsi Jawa Tengah dan dilaksanakan Dispermades Kabupaten, sehingga bursa inovasi desa ini merupakan program sinkronisasi. Yang terpenting setelah melihat bursa ekonomi desa ini,  setiap desa dapat mengembangkan potensi desa yang dimiliki dan dapat dilaksanakan   pada tahun 2019.

Sementara itu Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dalam sambutannya mengatakan,  kegiatan bursa inovasi desa yang diadakan Dispermades Klaten sangat bagus dan disambut seluruh camat dan seluruh kades sehingga acara menyenangkan. Semoga bursa inovasi desa dapat menjadi pemacu agar 391 desa di Klaten pada tahun 2019 dapat berinivasi.

 
Setelah desa berinovasi, kata Bupati Klaten Hj Sri Mulyani, agar disampaikan ke dunia melalui media sosial,  media cetak dan media elektrpnik serta media online,  sehingga dapat berkembang seperti Umbul Ponggok di Kecamatan Polanharjo.  Ke depan agar kepala desa yang didukung perangkat desa,  Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa  (LPMD) dapat   memaksimalkan penggunaan dana desa untuk mendukung Nawacita Presiden RI,  Ir H Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran untuk kesejahteraan rakyat.

Setelah itu dilakukan paparan bursa ekonomi desa oleh Koordinator TA P3MD Klaten,  Loegtyadmadji. Dalam paparannya Loegtyadmadji mengingatkan, agar dana desa bukan untuk belanja terus namun dapat digunakan untuk investasi mengembangkan desanya seperti Desa Gununggajah, Bayat dengan Obyek Wisata Bukit Cinta dan Desa Manjungan dengan Umbul Susuhan yang makin terus bergeliat mendukung perekonomian warga.
Pada bursa inovasi desa tersebut,

Bupati Klaten Hj Sri Mulyani didampingi Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto serta para pejabat meninjau semua stand bursa ekonomi desa. Pada bursa ekonomi desa itu Kecamatan Gantiwarno Klaten menampilkan produk Desa Ceporan karya difabel berupa telor asin,  aneka jus buah dan kripik belut.  (N'der)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar