Bupati Sri Mulyani Ramah Tamah dengan Insan Pers Klaten. Pemberitaan Harus Berimbang - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 27 Desember 2018

Bupati Sri Mulyani Ramah Tamah dengan Insan Pers Klaten. Pemberitaan Harus Berimbang

KLAKON.com - Menyambut datangnya tahun baru 2019, Bupati Hj Sri Mulyani mengadakan ramah tamah dengan jajaran wartawan Klaten, Rabu, (26/12/2018) di salah satu Rumah Makan di Klaten.  Acara diikuti sekitar 30 wartawan dari berbagai media cetak baik media elektronik,  media cetak dan media online, yang bertugas di lingkungan pemerintahan kabupaten Klaten.

Dalam kata sambutannya,  Bupati Sri Mulyani mengajak seluruh wartawan Klaten, meskipun sekecil atau setitik mau berbuat untuk Klaten melalui pemberitaan yang berimbang demi Klaten yang lebih baik. Diharapkan  para  wartawan Klaten mau berbuat baik dengan ikut handarbeni Klaten.

Dalam menyajikan berita- berita harus  yang berimbang, demi kemajuan Klaten dan demi terwujudnya Klaten yang maju mandiri dan berdaya saing. "Kalau membuat berita jangan hanya yang jelek-jelek, yang baik - baik juga diberitakan, biar berimbang, " tandas bupati.

Lebih lanjut dikatakan,  wartawan agar lebih dewasa dalam menyikapi pemberitaan yang baik atau tidak.  Agar wartawan Klaten membuat berita yang menyejukkan dengan kata-kata yang halus. 
Karena, tulisan ibarat sisi silet yang sangat tajam.  Maka dari itu agar dalam memilih kata-kata para wartawan memilih kata-kata yang membuat masyarakat adem dan sejuk sehingga penyajian tulisan tidak menjadi bumerang bagi Klaten. Agar setiap pemberitaan bisa dikemas lebih elegan. Namun demikian, tidak kemudian Pemkab Klaten anti kritik, boleh mengkritik sesuai fungsi pers sebagai pilar empat, harus berimbang," ujarnya.

Masih kata Bupati, Untuk  program 2019 Pemkab Klaten mempunyai program menggelar pilkades serentak pada 13 Maret 2019 di 270 desa.  Kemudian pada 17 April 2019 digelar Pemilu Legislatif (Pileg)  dan Pemilihan Presiden (Pilpres)  yang dilakukan secara serentak.

Kemudian, untuk tahun 2019 program sambang warga masih tetap dilakukan,  kemudian ada program baru yakni sambang BUMDes di 26 kecamatan.  Kemudian Pemkab Klaten terus berkomitmen untuk meningkatkan kemajuan berbagai UKM yang ada di Klaten."

Bupati Sri Mulyani juga mengungkapkan,  untuk program Klaten Kota Bunga Sejuta Warna masih belum maksimal.  Yang terpenting,  OPD,  kecamatan dan desa dapat menanam bunga seperti refugia maupun penghijauan lainnya dan tidak diharuskan menanam bunga yang harganya mahal."

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Klaten,  Sunarno SH mengatakan, selama kepemimpinan Bupati Klaten Hj Sri Mulyani berhasil menurunkan angka kemiskinan di Klaten.  Pada tahun 2017 angka kemiskinan sekitar 14% dan pada tahun 2018 turun dua digit menjadi 12%. Namun angka kemiskinan di Klaten masih di atas rata-rata angka kemiskinan kemiskinan Provinsi Jawa Tengah sekitar 11%.

Untuk penanggulangan kemiskinan,  kata Sunarno,  pemkab Klaten pada tahun 2019 masih melaksanakan program RTLH,  jambanisasi,  pendidikan dan pelatihan usaha oleh Disperinaker Klaten dan SKB Cawas. Kemudian peningkatan fasilitas pelayanan dasar seperti kesehatan, pencegahan syunting,  dan pemberian subsidi bunga pada pelaku usaha yang pinjam di bank dengan anggaran Rp 2 miliar. 

Kemudian kata,  Sunarno,  Pemkab Klaten tahun 2019 juga akan mempetkuat pendidikan di daerah perbatasan dan peningkatan kesejahteraan guru baik GTT,  PTT dan K-2. Kemudian Pemkab Klaten pada tahun 2019 memberikan penguatan BUMDes untuk meningkatkan usaha dan verifikasinya dilakukan di Dispermades Klaten. 

Terkait, Asisten I Setda Klaten dr Rony Roekmito MKes, mengatakan,  Pemkab Klaten akan cepat menerima laporan masyarakat.  Seperti penanganan armada untuk penderita AIDS yang langsung disiapkan Pemkab Klaten.
Kemudian, kasus tawon yang dilaporkan mengakibatkan 8 orang meninggal akan dipelajari.  Pemkab Klaten akan siap memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat."

Acara jumpa pers di penghujung tahun 2019 selain dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani juga dihadiri Adisten I Sekda Klaten dr Rony Roekmito MKes,  Kepala Diskominfo Drs H Amin Mustofa MSi,  Kepala Bappeda Klaten Sunarno SH,  Kabag Humas Klaten H Wahyudi Martono SSos MM dan Kabag Umum Setda Klaten. (Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar