PMI Klaten Gelar Latgab Relawan di Bumi Perkemahan Kepurun - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 13 Desember 2018

PMI Klaten Gelar Latgab Relawan di Bumi Perkemahan Kepurun

KLAKON.com - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten, mengadakan latihan gabungan (latgab) relawan di Bumi Perkemahan (Buper) Kepurun, Kecamatan Manisrengo, Rabu (12/12/2018). Peserta latgab relawan sebanyak 420 orang yang berasal dari 26 PMI kecamatan se Klaten dan organisasi binaan PMI yakni Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) dan Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI).

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana (PB) PMI Klaten, H Bambang Giyanto SSos MSi selaku Ketua Panitia Latgab Relawan mengatakan,  pada latgab relawan tersebut, PMI Klaten sekaligus menggelar konferensi Palang Merah Remaja (PMR) Madya Wira. Untuk latgab relawan fokus diselenggarakan pada Rabu, 12 Desember dan konferensi PMR Madya Wira diselenggarakan pada Kamis dan Jumat, 13 dan 14 Desember 2018 juga bertempat di Buper Kepurun.

Menurut Bambang Giyanto, untuk peserta konferensi PMR Madya Wira  sebanyak 100 orang yang berasal dari 40 sekolah. Latgab relawan dan konferensi PMR Madya Wira merupakan program kerja PMI Klaten dan kesepakatan rapat pengurus PMI Kecamatan. Adapun tema Latgab relawan dan konferensi PMR Madya Wira yang diadakan PMI Klaten yakni PMI Tangguh Bersama Masyarakat.

Bambang Giyanto yang kini juga menjabat sebagai Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten menjelaskan, untuk materi latgab relawan ada empat masing-masing bantuan hidup dasar, pembalutan pembidaian, tandu darurat, evakuasi dan halang rintang. Kemudian materi konferensi PMR Madya Wira ada tiga yakni 7 materi dasar PMR, pentas seni dan outbond," jelasnya.

Untuk biaya penyelenggaraan Latgab relawan dan konferensi PMR Madya Wira, kata Bambang Giyanto, berasal dari Rencana Anggaran Belanja (RAB) PMI Klaten tahun 2018 dan dari dana hibah Pemkab Klaten. Untuk 7 materi dasar PMR yang disampaikan pada konferensi PMR Madya Wira masing-masing  Gerakan Kepalangmerahan, Pertolongan Pertama (PP) PMR, Kepemimpinan PMR dan Manajemen, Donor Darah PMR, Perawatan Keluarga (PK),  Kesehatan Remaja PMR dan  Ayo Siaga Bencana (ASB). ( Sas )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar