Yang Muda Berbudaya, Kolaborasi Gelar Karya Seni Budaya - klakon.com

HEADLINE:

Senin, 17 Desember 2018

Yang Muda Berbudaya, Kolaborasi Gelar Karya Seni Budaya

KLAKON.com - Seniman Muda Klaten yang tergabung dalam Dewan Kesenian (Wankes) Kabupaten Klaten, Minggu malam, (16/12/2018) menggelar karya kolaborasi berupa pementasan seni budaya berupa seni tari, perkusi, karawitan, ketoprak dan wayang kulit dalam satu panggung di Gedung Sunan Pandanaran RSPD Klaten.

Dibuka Ketua Harian Wankes Klaten, FX Setiawan DS disaksikan ratusan penonton. Selain itu, diacara tersebut juga digelar pameran fotografi Wankes Klaten yang dikoordinir Komite Media Visual dan Komite Audio Visual.

Panitia pameran fotografi, H Endarto SPd mengatakan, aneka foto dipamerkan pada pameran fotografi yang digelar bersamaan dengan pagelaran karya seniman muda Kabupaten Klaten.

Foto yang dipamerkan, kata H Endarto, diantaranya bertema tentang keindahan alam, obyek wisata di Klaten, pertanian, candi dan sebagainya. Pameran fotografi didukung para fotografer profesional di Klaten yang selama ini banyak mengabadikan berbagai kegiatan Pemkab Klaten termasuk memotret obyek-obyek wisata di Kabupaten Klaten.

Sementara itu, Ketua Harian Wankes Klaten, FX Setiawan DS menjelaskan, pagelaran seni budaya yang diprakarsai seniman muda Klaten dimulai dengan pentas seni tari dari Sanggar Omah Wayang Klaten, penampilan alat musik  perkusi dari Sanggar Lare Mentes.

Setelah itu ditampilkan pentas karawitan dari Puspita Nada, pentas ketoprak dari Sanggar Omah Wayang Klaten, dan pentas wayang kulit padat dengan lakon Sang Tetuko oleh dalang Ki Jalu Wibowo dan Ki Dwi Boim.

FX Setiawan DS menyatakan, dengan pagelaran kolaborasi seni budaya oleh seniman muda Klaten membuktikan bahwa seniman muda Klaten banyak mempunyai kreasi dan talenta yang harus terus dikembangkan.

Maka dari itu Dewan Kesenian Klaten berkomitmen untuk terus mendukung kiprah seniman muda Klaten dalam rangka nguripke, ngurupke dan ngirabke seni budaya yang ada di Kabupaten Klaten. (Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar