Antisipasi Kerawanan Pemilu 2019 Polres Klaten Gelar Simulasi Sispamkota - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 23 Maret 2019

Antisipasi Kerawanan Pemilu 2019 Polres Klaten Gelar Simulasi Sispamkota


Suasana simulasi Sispamkota Klaten menghadapi Pemilu 2019 (foto: dok klakon.com/Boen)
KLAKON.com - Polres Klaten menggelar simulasi Sistem Pengamanan Dalam Kota (Sispamkota) di depan Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jalan Mayor Kusmanto Klaten, Jumat, 22 Maret 2019. Tujuan diadakannya Sispamkota guna mengantisipasi terjadinya kerawanan saat Pemilihan Umum (Pemilu) pada 17 April 2019 mendatang.
Skenario simulasi tersebut, menceritakan massa pendukung salah satu peserta pemilu mengamuk ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Klaten, lantaran tidak puas dengan hasil pleno KPU yang telah digelar.
Tim pengamanan yang terdiri dari TNI-Polri dibantu dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Klaten melakukan upaya persuasif pada awal saat massa hendak menerobos masuk ke Kantor KPU Klaten.
Namun kondisi di lapangan semakin panas, massa mulai anarkis dengan melakukan pembakaran ban serta melakukan pelemparan benda ke arah petugas keamanan yang sedang berjaga. 
Polisi terpaksa mengambil tindakan menyemprotkan air dari mobil Watercanon, namun massa semakin brutal dan tidak dapat dikendalikan.
Bahkan, massa tersebut menjarah mobil yang saat itu sedang melintas, serta berusaha menyerang petugas, polisi terpaksa menembakan tembakan peringatan namun tidak ada yang menghiraukan. Bahkan, situasi semakin parah, beberapa orang yang berusaha melawan terpaksa dilumpuhkan dan diamankan.
Kapolres Klaten AKBP Aries Andhie menyampaikan, tujuan kegiatan Sispamkota agar seluruh personel pengamanan mengerti dan memahami bagaimana cara mengatasi  situasi kekacauan dalam tahapan pemilu. Karena ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam hal pengamanan Pemilu. 
Dikatakan, beberapa hal yang disimulasikan diantaranya bagaimana cara menghadang massa. Selain itu, Polri pastikan perjalanan pemilu besok aman dan lancar. Hal ini terbukti saat Pilkades kemarin juga berjalan aman dan damai tidak ada yang mengajukan gugatan. 
Untuk pengamanan, lanjut Kapolres AKBP Aries Andhie, Polres Klaten mengerahkan seluruh komponen pengamanan total hampir 2000 personil di 4400 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 401 desa dan kelurahan yang ada di Klaten.
Diharapkan, masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih untuk menggunakan hak pilihnya dengan mendatangi TPS yang sudah disiapkan. Simulasi Sispamkota juga dihadiri Bupati Klaten Hj Sri Mulyani dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) Kabupaten Klaten. (Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar