Antisipasi Wabah Covid 19 Bupati Sri Mulyani Gelar Dialog Khusus, Tekankan Sosial Distancing dan Physical Distancing di RSPD Klaten - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 25 Maret 2020

Antisipasi Wabah Covid 19 Bupati Sri Mulyani Gelar Dialog Khusus, Tekankan Sosial Distancing dan Physical Distancing di RSPD Klaten


KLAKON.com - Bupati Klaten Hj Sri Mulyani menggelar dialog khusus di RSPD Klaten dalam rangka sosialisasi pencegahan virus corona yang disiarkan secara langsung melalui frekwensi RSPD Klaten FM 91,6 MHZ. Dialog khusus juga menghadirkan dua narasumber lainnya masing-masing Ketua Gugus Tugas Pengendalian Penyakit Covid 19 Kabupaten Klaten dr Ronny Roekmito MKes dan Juru Bicara Gugus Tugas Pengendalian  Penyakit Covid 19 Klaten dr Cahyono Widodo MKes. 

Dialog khusus yang dipandu penyiar RSPD Klaten Ahmad Paidi Adji tersebut juga menerapkan social distanching dan  Physical Distancing dengan menjaga jarak antarnarasumber dan pembawa acara sekitar 1 meter. Pada kesempatan tersebut, Bupati Sri Mulyani mengajak masyarakat tidak panik namun tetap waspada dalam mengantisipasi virus corona. 

Dikatakan, saat ini Klaten dalam keadaan aman karena pasien positif virus corona masih nol atau belum ada warga Klaten yang terinfeksi virus corona. Untuk itu Bupati mengajak masyarakat melakukan gerakan pencegahan virus corona dengan beberapa cara masing-masing menjaga kebersihan lingkungan, melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), mengurangi antivitas di luar rumah, melaksanakan social distanching dan  Physical Distancing dan menjaga daya tahan tubuh. 

Kepada para siswa sekolah, kata Bupati Sri Mulyani, agar tetap semangat belajar di rumah, karena sudah ada panduan belajar yang dibuat guru secara online. Bupati berharap, agar selama program belajar di rumah untuk mencegah virus corona, supaya anak-anak tidak dolan, bermain dan kumpul-kumpul di luar rumah. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati berharap kepada masyarakat yang pulang dari daerah atau negara lain yang terjangkit virus corona, agar segera memeriksakan diri ke rumah sakit terdekat agar mengetahui kondisi kesehatannya. Bupati Klaten juga mengapresiasi kepada tim medis dan para medis yang bekerja di rumah sakit, Puskesmas, Klinik Kesehatan yang telah menangani pasien dan agar senantiasa menjaga kesehatannya masing-masing. 

Bupati menjelaskan, kegiatan yang sudah dilakukan Pemkab Klaten dalam pencegahan virus corona di Kabupaten Klaten antara lain  pada Sabtu, 14 Maret 2020  Rapat Kordinasi (Rakor) Pertama bersama Forkompimda dan Kepala OPD se Klaten untuk penanganan virus Corona.   Pada Kamis pagi, 19 Maret 2020 diadakan aksi penyemprotan disinfektan   bersama PMI, SAR, ORARI, PRAMUKA di Masjid Agung Al Aqsha Klaten, SMPN 2 Klaten, Puskesmas Klaten Tengah dan Masjid Raya Klaten dan 10 tempat strategis lainnya. 

Kemudian, kata Bupati Sri Mulyani, pada Kamis sore, 19 Maret 2020 diadalan rakor dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat Kabupaten Klaten untuk mencegah peredaran virus corona. Pada Sabtu, 21 Maret 2020 sosialisasi pencegahan virus corona di pasar tradisional dan pembagian maskers maupun hand sanitizer.  

Dia menambahkan, pada Senin, 23 Maret 2020 penyemprotan Disinfektan seluruh relawan se Kabupaten Klaten bersama relawan 26 kecamatan se Klaten dan relawan 401 desa dan kelurahan di tempat umum seperti kantor, sekolah, masjid, gereja. Dengan mentaati aturan yang ditetapkan pemerintah seperti menjaga perilaku hidup bersih dan sehat serta menjaga social distanching dan  Physical Distancing. (**Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar