Cegah Wabah Covid 19 PMI Klaten Bersama Tim Relawan Semprot Desinfektan di Perkantoran dan Area Publik - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 19 Maret 2020

Cegah Wabah Covid 19 PMI Klaten Bersama Tim Relawan Semprot Desinfektan di Perkantoran dan Area Publik


KLAKON.com - Dalam rangka pengendalian penyakit virus corona atau covid 19, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Klaten bersama tiga organisasi relawan masing-masing Search And Rescue (SAR) Kabupaten Klaten, Organisasi Amatir Radio Indonesia (Orari) dan Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Kabupaten Klaten melakukan penyemprotan desinfektan di 11 lokasi yang diadakan selama dua hari, Rabu dan Kamis, 18 dan 19 Maret 2020. 

Ketua PMI Kabupaten Klaten, Drs H Purwanto AC MSi selaku inisiator penyemprotan desinfektan pada rapat persiapan di Markas PMI Klaten, Rabu pagi, (18/3/2020 ) mengatakan, untuk menyukseskan penyemprotan desinfektan maka tim relawan dari 4 organisasi yakni PMI, SAR, Orari dan Ubaloka diketuai oleh H Bambang Giyanto SSos MSi yang kini menjabat Wakil Ketua PMI Klaten. 

Penyemprotan pada hari pertama, dilakukan setelah rapat persiapan ada tiga lokasi yang dilakukan penyemprotan yakni Markas PMI, Taman Lampion Klaten dan Bank Klaten dengan melibatkan sekitar 20 relawan.  
Kemudian, kata H Purwanto AC, MSi, pada hari kedua, Kamis, 19 Maret 2020 ada 8 titik yang dilakukan penyemprotan dengan melibatkan sekitar 40 relawan. Untuk mempercepat penyemprotan desinfektan maka tim dibagi dua. Kemudian masing-masing organisasi relawan bertugas menyiapkan tangki semprot sprayer sesuai kebutuhan sekitar 40 tangki dengan meminjam kepada petani.
 
Dikatakan, Tim I dengan koordinator Irfan Santoso dari SAR Klaten dengan melakukan penyemprotan di empat titik masing-masing lingkungan gedung Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Masjid Al Aqsha Klaten,  Terminal Ir Soekarno Klaten, dan Masjid Raya Klaten. Kemudian Tim II dengan koordinator Ketua Orari Klaten Susilo Hari Putranto melakukan penyemprotan di empat lokasi yakni Stasiun Kereta Api Klaten, Samsat Klaten, Gereja Maria Asumta dan gedung Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Klaten. 

Ketua Tim Penyemprotan Desinfektan dari 4 organisasi relawan, H Bambang Giyanto SSos MSi mengatakan, kegiatan penyemprotan desinfektan di lokasi-lokasi strategis pada hari Kamis, 19 Maret 2020 dimulai pukul 09.00 WIB dan semua relawan sebelum bertugas akan dilakukan pembekalan di Markas PMI Klaten.  Harapannya, dengan penyemprotan desinfektan mampu mematikan virus-virus yang berbahaya bagi kesehatan manusia termasuk virus corona.  
Dikatakan, kegiatan penyemprotan desinfektan di lokasi-lokasi yang sering dikunjungi masyarakat, murni untuk kegiatan kemanusiaan dan tidak ada tendensi apapun termasuk tendensi politik. Hal itu didasari rasa kemanusiaan dari para relawan dan sebagai langkah mitigasi bencana karena virus corona sudah dinyatakan sebagai pandemi dunia dan semoga penyebaran virus corona di Klaten dapat dicegah dengan penyemprotan desinfektan. (**Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar