Dampak Ekonomi Akibat Wabah Covid 19 Jumat Berkah 23 Polres Klaten Hunting Bantu Warga Paket Sembako, Masker dan Sabun - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 11 April 2020

Dampak Ekonomi Akibat Wabah Covid 19 Jumat Berkah 23 Polres Klaten Hunting Bantu Warga Paket Sembako, Masker dan Sabun

KLAKON.com - Ditengah badai wabah Covid 19 yang melanda dunia ini tak menyurutkan program  kegiatan baksos Jumat Berkah jajaran Polres Klaten. Mengingat kini banyak masyarakat yang terkena dampak ekonomi akibat mewabahnya virus covid-19 tersebut. 

Kegiatan sosial rutin Jumat Berkah (10/4/2020) yang telah masuk pekan ke-23 ini, untuk tingkat Polres Klaten dilaksanakan dengan metode hunting agar tidak terjadi kerumunan. Tak sendirian, petugas Polres yang dipimpin Kasat Lantas AKP Boby Anugrah SIK saat kegiatan didampingi juga oleh personel TNI Kodim 0723/Klaten dan sejumlah anggota ormas. 

Para petugas gabungan ini menyusuri jalan-jalan protokol dan area publik di seputaran kota untuk mencari sasaran fakir miskin yang terkena dampak perekonomian akibat virus covid-19. Beberapa profesi yang menjadi sasaran diantaranya adalah para tukang sampah, pemulung, tukang becak, tukang parkir, pedagang asongan, para buruh kasar hingga PGOT. Jika sasaran terlihat, petugas kemudian akan mendatangi mereka satu persatu untuk diberikan santunan berupa paket sembako, masker dan sabun.

Selain membagi santunan, para petugas ini juga memberikan edukasi tentang cuci tangan yang benar sesuai standar WHO dan sosialisasi instruksi pemerintah tentang wajib memakai masker bagi warga yang beraktifitas di luar rumah untuk mencegah penularan virus covid-19.

"Yang dibagikan tadi ada 20 paket sembako ditambah masker dan sabun cuci tangan. Kemudian di pasar induk dan Stasiun Klaten kita juga mengadakan sosialisasi wajib memakai masker dan cara cuci tangan yang benar sesuai standar WHO." Ujar Kasat Lantas AKP Boby Anugrah mewakili Kapolres Klaten AKBP Wiyono Eko Prasetyo SIK MIK.

Sementara itu, untuk pelaksanaan baksos Jumat Berkah tingkat Polsek digelar dengan metode door to door. Personel Polsek bersama personel TNI/Koramil dan ormas mendatangi satu persatu rumah warga yang menjadi sasaran. Mereka membagikan beberapa paket sembako kepada warga miskin di wilayah  Polsek masing-masing. Diharapkan pemberian santunan tersebut bisa meringankan beban masyarakat sekaligus menggugah kesadaran sosial untuk saling gotong royong membantu warga yang sedang ada masalah ekonomi akibat wabah virus covid-19.

"Yang ada kelebihan, siapapun itu mari sisihkan rejeki untuk membantu saudara-saudaa kita yang terkena dampak virus corona. Bisa disalurkan lewat gugus tugas, Kodim, Polres, Polsek, Koramil ataupun juga langsung diberikan kepada tetangga kanan kirinya, "pungkas Kasat Lantas. (**Boen) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar