Tanggap Darurat Virus Corona di Klaten Bupati Bagikan APD ke Rumah Sakit dan Puskesmas - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 08 April 2020

Tanggap Darurat Virus Corona di Klaten Bupati Bagikan APD ke Rumah Sakit dan Puskesmas



KLAKON.com - Dalam upaya memerangi dan mencegah meluasnya wabah virus corona atau covid-19, diwilayah Kabupaten Klaten, Bupati Sri Mulyani secara terpisah menyerahkan Alat Pelindung Diri (APD) untuk dua Rumah Sakit (RS) dan dua Puskesmas di Kabupaten Klaten, Selasa pagi, (7/4/2020).

Adapun dua RS yang mendapat bantuan APD masing-masing Rumah Sakit Islam (RSI) dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bagas Waras Klaten dan dua Puskesmas yang dibantu APD yakni Puskesmas Klaten Utara dan Puskesmas Jogonalan 1. 

Demikian dikatakan Koordinator Lima Wilayah Eks Pembantu Bupati Gugus Tugas  Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona Kabupaten Klaten,  dr Ronny Roekmito MKes, di sela-sela mendampingi Bupati Klaten Sri Mulyani saat menyerahkan APD di RSI Klaten. 
Selain dr Ronny Roekmito MKes, turut mendampingi Bupati Klaten Sri Mulyani, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten  dr Cahyono Widodo MKes dan sejumlah pejabat lainnya.  

Lebih lanjut, kata dr Ronny Roekmito MKes yang juga menjabat Asisten I Sekda Klaten, penyerahan bantuan APD dari Pemkab Klaten yang disampaikan Bupati Sri Mulyani diawali dari RSI Klaten, lalu Puskesmas Klaten Utara, selanjutnya  RSUD Bagas Waras Klaten dan terakhir di Puskesmas Jogonalan 1.  
Penyerahan APD di RSI dan RSUD Bagas Waras diterima jajaran direktur dan pimpinan RSI Klaten dan RSUD Bagas Waras Klaten dan bantuan APD untuk  Puskesmas Klaten Utara dan Puskesmas Jogonalan 1 diterima masing-masing Kepala Puskesmas yang bersangkutan. 

Pada kesempatan tersebut, dr Ronny Roekmito MKes menjelaskan, bantuan APD yang diserahkan untuk RSI dan RSUD Bagas Waras Klaten antara lain berupa cover all 35 pcs, cover shoes 35 pasang, kacamata google 5 pcs, sepatu booth 5 pasang, masker N-95 25 pcs, masker bedah 20 box, sarung tangan panjang 5 pasang, hazmat 41 set dan fice shield 7 pcs. 
Sedangkan bantuan APD untuk Puskesmas Klaten Utara dan Puskesmas Jogonalan 1 terdiri dari cover all 5 set, cover shoes 5 pcs, kacamata google 5 pcs, sarung tangan panjang 5 pcs, masker N-95 5 pcs dan sepatu booth 5 pasang. 

Menurutnya, bantuan APD dari Bupati Sri Mulyani bertujuan untuk membantu rumah sakit dan Puskesmas dalam masa tanggap darurat virus corona. Sehingga diharapkan APD tersebut dapat digunakan tenaga medis baik dokter maupun tim medis lainnya dalam memberikan pelayanan dan penanganan pasien sehingga dokter dan tim medis selama bertugas memberikan pelayanan kesehatan juga senantiasa terjaga kesehatannya. 

Direktur Utama RSUD Bagas Waras Klaten, dr Limawan Budiwibowo MKes kepada awak media  mengucapkan terimakasih kepada Bupati Sri Mulyani yang telah membantu APD untuk digunakan tenaga medis selama tanggap darurat virus corona di Kabupaten Klaten. Dengan bantuan APD tersebut, maka kebutuhan APD di RSUD Bagas Waras Klaten dapat terbantu dan dapat digunakan tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan termasuk dalam memberikan tindakan medis kepada pasien. 

Dalam memerangi dan mencegah penyebaran virus corona, dr Limawan Budiwibowo MKes berharap, agar warga senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah seperti keluar rumah memakai masker, menerapkan social distancing dan physical distancing dan membiasakan cuci tangan pakai sabun. Kemudian agar masyarakat menghindari terjadinya kerumunan massa dalam jumlah banyak, sehingga terhindar dari paparan virus corona dan kesehatan badan senantiasa terjaga sehingga warga Klaten terbebas dari virus corona. (**Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar