Terdampak Wabah Virus Corona 517 Warga Klaten Dapat Bantuan Sembako - klakon.com

HEADLINE:

Kamis, 09 April 2020

Terdampak Wabah Virus Corona 517 Warga Klaten Dapat Bantuan Sembako



KLAKON.com - Sedikitnya 517 warga terdampak virus corona atau covid-19 di Kabupaten Klaten menerima bantuan sembako dari Gugus Tugas (Gugas) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona atau Covid 19 Kabupaten Klaten yang penyerahannya dilakukan Ketua Gugus Tugas Sri Mulyani di 9 kecamatan di Klaten secara terpisah, Rabu, (8/4/2020). 
Warga terdampak yang menerima sembako, yakni Orang Dalam Pemantauan (ODP) 509 orang, Pasien Dalam Perawatan (PDP) 7 orang dan warga yang terkonfirmasi positif ada 1 orang. 

Ketua Gugus Tugas Sri Mulyani yang juga Bupati Klaten dalam penyerahan sembako tersebut  didampingi beberapa pejabat antara lain Asisten I Sekda Klaten dr Ronny Roekmito MKes, Kepala Dinas Kesehatan Klaten dr Cahyono Widodo MKes, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten Sip Anwar SE MSi dan Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Klaten Drs Muh Nasir MSi. Ratusan paket sembako tersebut diangkut dengan dua truk dari BPBD Klaten dan truk bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
Penyerahan sembako untuk warga terdampak virus corona di Kabupaten Klaten ini untuk tahap pertama di 9 kecamatan diawali dari Kecamatan Klaten Selatan sebanyak 54 paket, Klaten Tengah 55 paket, Klaten Utara 78 paket, Ngawen 59 paket, Kalikotes 45 paket, Trucuk 56 paket, Cawas 100 paket, Bayat 48 paket dan Kecamatan Wedi ada 22 paket. Setiap paket sembako berisi beras 5 kg, minyak goreng 1 liter, telur 1 kg, mi instan 10 buah dan teh celup 1 kotak. 

Saat penyerahan sembako di Halaman Kecamatan Klaten Selatan, Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Virus Corona atau Covid 19 Kabupaten Klaten, Hj Sri Mulyani mengatakan, bantuan sembako dari Pemkab Klaten ini untuk membantu warga yang terdampak virus corona baik ODP, PDP dan keluarga yang anggotanya ada yang positif. Diharapkan, warga tetap semangat dan penuh optimis pada masa pandemi corona ini sehingga penyakitnya segera sembuh. 

Bagi warga yang berstatus ODP dan PDP, kata Sri Mulyani, agar mengikuti petunjuk dari pemerintah  dan petugas medis dalam penanganan virus corona. Kemudian warga ODP agar mengisolasi diri secara mandiri sesuai petunjuk pemerintah dalam penanganan covid-19 dengan membiasakan cuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menerapkan social distancing dan physical distancing sehingga tidak tertular virus corona. 

Ditambahkan, untuk warga di kecamatan lain yang  terdampak virus corona khususnya yang berstatus ODP dan PDP pemberian sembako akan dilakukan secara bertahap pada waktu yang akan datang. Dana untuk penanganan virus corona dari pergeseran anggaran yang sudah dilakukan sampai sekarang sudah terkumpul sekitar Rp 57 miliar diantaranya untuk pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi dokter dan tenaga medis, pengadaan sembako, dan disinfektan untuk mencegah dan penanggulangan wabah virus corona di Klaten. (**Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar