Bupati Perintahkan Camat Dan Kades Dalam Pengadaan Bantuan Sembako Membeli Produk lokal - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 16 Mei 2020

Bupati Perintahkan Camat Dan Kades Dalam Pengadaan Bantuan Sembako Membeli Produk lokal



KLAKON.com - Untuk mengatasi dampak ekonomi yang dialami masyarakat akibat mewabahnya virus corona atau covid-19, Bupati Klaten Sri Mulyani meminta para camat dan kepala desa (kades) untuk pengadakan bantuan sembako yang bersumber dari Dana Desa (DD) agar membeli produk pertanian dan peternakan lokal. "Sehingga hasil pertanian dan peternakan masyarakat setempat dapat terserap, "kata Bupati Klaten saat memberikan sambutan pada acara penyerahan sembako yang pengadaannya dari APBD Pemkab Klaten di Balai Desa Ceporan, Kecamatan Gantiwarno, Jumat pagi, (15/5/2020). 

Selain menyerahkan sembako untuk masyarakat Desa Ceporan, Gantiwarno, Bupati juga menyerahkan sembako untuk lima desa di lima kecamatan lain masing-masing Desa Dukuh (Kecamatan Bayat), Desa Plosowangi (Cawas), Desa Jetiswetan (Pedan), Desa Jatipuro (Trucuk) dan Desa Tonggalan (Kecamatan Klaten Tengah). 

Lebih lanjut, kata Sri Mulyani, para pengusaha yang ingin berbagi kebahagiaan di tengah masa pandemi virus corona kepada masyarakat, juga bisa membeli produk pertanian dan peternakan lokal. Adapun produk pertanian dan peternakan lokal yang bisa dibeli seperti beras, telur dan juga daging ayam dari para peternak yang ada di kecamatan setempat. 
"Nantinya para pengusaha penggilingan padi, para penebas padi hasil produksinya akan terserap, sehingga roda ekonomi juga akan berjalan. Kemudian para peternak seperti peternak ayam pedaging dan petelur nanti daging dan telurnya juga dapat dibeli dengan harga yang standar sehingga usahanya juga tetap berjalan, "ujarnya.

Terkait data penerima bansos, Bupati mengingatkan agar Camat dan Kepala Desa selalu memantau agar semua membuat list data penerima bantuan sosial kemudian di tempel di papan pengumuman, sehingga data dapat diakses oleh seluruh masyarakat. 

Kemudian jika ada warga yang belum mendapat bantuan namun layak menerima bantuan agar diajukan ke camat untuk diverifikasi dan selanjutnya disampaikan ke Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Klaten untuk selanjutnya dibuatkan SK Bupati, sehingga warga tersebut berhak menerima bantuan. 

Menanggapi masukan Bupati Klaten agar semua desa membuat list data penerima bansos, Camat Gantiwarno Hj Lilis Yuliati SH MM menyatakan, kesiapannya dan siap mengarahkan semua kades membuat list data penerima bansos untuk selanjutnya ditempel di papan penguman. Karena dengan ditempel  di papan pengumuman, maka masyarakat dapat memantau warga yang sudah menerima maupun yang belum menerima bantuan. 

Sementara itu, Kades Ceporan, Kecamatan Gantiwarno, Sutopo mengatakan, Pemdes Ceporan sudah membuat list data penerima bantuan dan sudah ditempel di papan pengumuman sesuai perintah Bupati Klaten. Warga Desa Ceporan yang menerima bantuan sembako dari Bupati Klaten ada sebanyak 18 kepala keluarga (KK). 
Bantuan sembako untuk wilayah Kecamatan Gantiwarno masing-masing bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah 2.365 KK, bantuan Pemkab Klaten 464 KK dan yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI sebanyak 2.371 KK. (**Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar