Imbas Tanggul Sungai Jebol Petani Di Cawas Dapat Bantuan Beras - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 06 Mei 2020

Imbas Tanggul Sungai Jebol Petani Di Cawas Dapat Bantuan Beras



KLAKON.com - Imbas dari jebolnya tanggul sungai yang berdampak puluhun hektare sawah petani di Kecamatan Cawas tergenang dan gagal panen. Sedikitnya ada106 KK mendapat bantuan beras sebanyak 1,86 ton. Penyerahan secara simbolis dilakukan oleh Bupati Klaten Sri Mulyani kepada kepala desa dan beberapa perwakilan petani pada Selasa (05/05/2020) di Halaman Rumah Sekdes Desa Karangasem, Kecamatan Cawas.

Camat Cawas, Prihadi mengatakan, ada banyak lahan sawah yang terdampak akibat adanya tanggul sungai jebol.
“Ada sekitar 35 hektar lahan sawah yang terdampak akibat adanya tanggul jebol, lahan sawah di Desa Karangasem," kata Camat Cawas. 

Lebih lanjut, kata Prihadi, perbaikan tanggul yang jebol tersebut dilakukan secara darurat dengan menggunakan karung pasir dan beronjong kawat. Pihaknya mengungkapkan bahwa saat tanggul tersebut jebol pada bulan Februari dan Maret lalu, usia tanam padi rata-rata masih muda berkisar 1-2 bulan. Tanaman padi tersebut tergenang banjir dan membuat para petani tidak bisa panen atau gagal panen. 

Sementara itu, Bupati Sri Mulyani mengaku telah mengusulkan ke Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo (BBWSBS) agar segera dibuat tanggul permanen. Dirinya berharap agar tahun ini dapat mulai dibangun sehingga tidak ada lagi tanggul yang jebol. Disamping itu pihaknya turut menyerahkan bantuan beras kepada petani yang terdampak di Desa Karangasem, Cawas. 

“Mugi-mugi bantuan beras ini bisa sedikit meringankan apa yang menjadi beban bapak dan ibu semuanya,"harap Bupati. 

Masih kata Bupati, distribusi bantuan beras sebanyak 1,86 ton  tersebut disalurkan melalui kepala desa kepada 106 KK petani terdampak. Rencananya setiap kepala keluarga petani yang terdampak tanggul jebol tersebut akan memperoleh beras sekitar 15 kg. Selain memberikan bantuan, Bupati Klaten berpesan pada masyarakat agar bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19. Dengan rajin cuci tangan dengan sabun, menjaga jarak fisik, dan menggunakan masker saat beraktivitas diluar rumah.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Kepala DISOSP3AKB Klaten, Kepala DPMPTSP Klaten, Kepala DPKPP Klaten, Camat Cawas, Kepala Desa Cawas, dan beberapa perwakilan petani. (**Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar