Kado Hari Jadi Klaten ke 216, Raih Piala Adipura Kebersihan Kota - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 29 Juli 2020

Kado Hari Jadi Klaten ke 216, Raih Piala Adipura Kebersihan Kota


KLAKON.com -- Sebagai kado hari jadi ke-216 Kabupaten Klaten yang jatuh pada Selasa, 28 Juli 2020, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten pada tahun 2020 ini berhasil meraih Piala Adipura Bidang Kebersihan Kota dari pemerintah pusat. Keberhasilan Pemkab Klaten meraih Piala Adipura di tengah penanganan pandemi virus corona atau covid-19 berkat kerja keras seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Klaten dan seluruh komponen masyarakat Klaten. 
Demikian dikatakan Bupati Klaten Sri Mulyani kepada wartawan seusai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Klaten dengan agenda penyampaian penjelasan Bupati dan pengantar rancangan nota Kebijakan Umum Perubahan Anggaran (KUPA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan Kabupaten Klaten Tahun 2020 di DPRD Klaten, Senin, 27 Juli 2020. 

Bupati mengatakan, ini bocoran sebagai kado hari jadi ke-216, Kabupaten Klaten berhasil meraih Piala Adipura tahun 2020. Keberhasilan Kabupaten Klaten meraih Piala Adipura tahun 2020 patut disyukuri pemerintah dan seluruh masyarakat Kabupaten Klaten. "Karena terakhir kali Kabupaten Klaten meraih Piala Adipura pada tahun 1997 dan setelah 23 tahun menanti akhirnya Pemerintah Kabupaten Klaten berhasil meraih Piala Adipura pada tahun 2020 ini, " ujarnya. 

Saat ditanya prestasi lain yang diraih Kabupaten Klaten, Sri Mulyani mengatakan, pada tahun 2020 ini merupakan tahun keempat kepemimpinannya sebagai Bupati Klaten. Prestasi lainnya bahwa Kabupaten Klaten  meraih hasil pemeriksaan opini  Wajar Tanpa Pengecualian alias WTP  dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Tengah terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Pemerintah Kabupaten Klaten selama dua tahun berturut-turut  tahun 2018 dan tahun 2019.

Prestasi terbaru, kata Bupati Sri Mulyani,  dirinya selaku Bupati Klaten berhasil meraih tanda penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2020 di Bidang Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) Bangga Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).  

Pada tahun 2019 meraih anugerah STBM Award Berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan karena telah berhasil mencapai pilar pertama STBM yakni warga Klaten sudah terbebas dari perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS) atau Open Defecation Free (ODF).

Terkait Pandemi Covid-19 
Bupati Sri Mulyani mengatakan, peringatan hari jadi ke-216 Kabupaten Klaten tahun 2020 ini diperingati dengan sederhana yakni upacara bendera dengan peserta terbatas, peserta memakai kejawen lengkap bagi kepala OPD dan kebaya bagi pejabat wanita. Kemudian ASN memakai kebaya namun tidak ikut upacara tetapi dapat menyaksikan upacara melalui Zoom Meeting dan Live Streaming chanel
youtobe di Instansi masing-masing dan mengenakan pakaian adat
kejawen jangkep/kebaya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo SIKom kepada wartawan mengucapkan selamat hari jadi ke-216 Kabupaten Klaten yang bertepatan hari Selasa, 28 Juli 2020. Meski dalam suasana prihatin akibat pandemi virus corona, semoga semangat hari jadi ke-216 tahun 2020 ini mampu memberikan inspirasi dan semangat seluruh warga Klaten untuk terus berkarya dan produktif meski dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Hamenang Wajar Ismoyo juga mengapresiasi kinerja Pemkab Klaten yang di tengah pandemi virus corona juga mendapat berbagai prestasi. Diantaranya Piala Adipura tahun 2020 yang kabarnya berhasil diraih Pemkab Klaten seperti disampaikan Bupati Klaten dan berbagai prestasi lainnya. 

Tentang infrastuktur khususnya jalan Kabupaten Klaten yang diakuinya banyak yang rusak, kata Hamenang, semoga warga Klaten bisa bersabar dan menerima karena anggarannya baru dipakai penanganan wabah virus corona. Untuk itu anggaran pembangunan jalan akan dianggarkan pada APBD Perubahan Kabupaten Klaten tahun 2020 dan APBD murni tahun 2021 yang akan datang. 

Tema hari jadi ke-216 Kabupaten Klaten tahun2020 adalah Guyub Rukun Tansah Eling lan Waspada. Setelah upacara hari jadi ke-216 Kabupaten Klaten, Bupati Sri Mulyani bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) Klaten melakukan ziarah ke Makam Eyang Melati di Sekalekan Klaten, ziarah ke Makam Bupati Klaten ke-3 di Desa Semangkak, Klaten Utara dan ziarah ke Makam Bupati Klaten pertama di Desa Kajoran, Klaten Selatan.  (**Boen)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar