Program "Jogo Tonggo" Pemkab Klaten Siapkan 401 Kader Matur Dokter - klakon.com

HEADLINE:

Selasa, 22 September 2020

Program "Jogo Tonggo" Pemkab Klaten Siapkan 401 Kader Matur Dokter


KLAKON.com --  Upaya pencegahan dan penularan Covid-19 tak lepas dari peran 401 Kader Matur Dokter yang ada di Kabupaten Klaten. Pada acara Temu Kader dalam rangka optimalisasi peran kader dalam pencegahan dan penularan Covid-19 melalui program “Jogo Tonggo” Selasa (22/09) di Gedung RSPD Klaten.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan Kader Matur Dokter harus selalalu aktif menginisiasi program yang di cetuskan oleh Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah di masing-masing desa dengan cara mendorong atau partisipasi membantu Gugus Tugas RT/ RW dalam menyediakan pangan bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri di rumah.

“Melaporkan kegiatan warga atau masyarakat di wilayahnya masing-masing setiap hari ke Kelurahan, terlabih mengenai pangan dan kesehatan masyarakat di masa pandemi. Semua aktivitas masyarakat sekarang mulai aktif diluar rumah. Maka, harus turut membantu kewaspadaan dan menyadarkan bersama dalam memutus mata rantai Covid-19” Ungkap Sri Mulyani

Cahyono Widodo, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten mengatakan peran aktif dari Kader Matur Dokter sudah baik terlebih dimasing-masing desa ada satu sehingga sudah merata. Semoga kedepan pelayanan kesehatan lebih baik dan respon lebih cepat lagi demi meningkatkan kesehatan masyarakat.

Selain itu, hal-hal terkait penjemputan pasien, atau selama masa pandemi ini peran Kader Matur dokter selalu ber peran aktif membantu mengingatkan protokol kesehatan, mendukung secara moril kepada pasien yang isolasi dirumah, mencegah bullying dan diskriminasi  serta masuk ke Satgas “Jogo Tonggo”.

Temu Kader kali ini terasa berbeda karena sesuai protokol kesehatan, dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama diikuti oleh Kader Kecamatan Klaten Tengah, Kader Kecamatan Bayat, Kader Kecamatan Klaten Selatan, Kader Kecamatan Wedi, dan Kader Kecamatan Ngawen. Pada Sesi Kedua diikuti oleh Kader Kecamatan Karanganom, Kader Kecamatan Kebonarum, Kader Kecamatan Ceper, Kader Kecamatan. Kalikotes dan Kader Kecamatan Wonosari.

Seluruh kader yang hadir diberikan materi dan pembekalan oleh Elizabeth Maria Tuti Nur Haryanti Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, mengenai  Optimalisasi Peran Kader Dalam Pencegahan dan Penularan Covid-19 Melalui Program Jogo Tonggo. (**Boen) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar