Sebagai Fakultas Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Tim Pengabdi FE UNY Gelar Pelatihan dan Pembinaan Kewirausahaan UMKM Desa Gemblegan - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 14 Oktober 2020

Sebagai Fakultas Berbasis Ekonomi Kerakyatan, Tim Pengabdi FE UNY Gelar Pelatihan dan Pembinaan Kewirausahaan UMKM Desa Gemblegan

 

KLAKON.com -- Dimasa pandemi covid-19 yang hingga kini belum reda, berdampak terpuruknya sendi-sendi kehidupan yang hampir melumpuhkan keberlangsungan hidup disegala sektor, tak terkecuali berimbas terganggunya sendi perekonomian warga akibat pandemic ini. 

Demi kepedulian untuk mewujudkan sebagai fakultas berbasis ekonomi kerakyatan, FE (Fakultas Ekonomi) UNY (Universitas Negeri Yogyakarta) melakukan kerjanyata pengabdian melalui pelatihan dan pembinaan terhadap para pelaku kewirausahaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM ) di wilayah  Desa Gemblegan. 

Tim Pengabdi FE, UNY, Muhammad Rustam Efendy dalam makalahnya dihadapan pelaku UMKM Desa Gemblegan, memaparkan, 
melalui kegiatan pendampingan dan pelatihan ini kami harapkan rakyat mampu tumbuh dalam perekonomian secara mandiri dan tidak tergantung pada pemerintah. Artinya apa? Karena dimasa sekarang ini sasaran tembaknya adalah pemerintah. Dan kami selaku tenaga pengajar yang memang memiliki salah satu tugas pokok pengabdian harus memikirkan hal tersebut yaitu peningkatan ekonomi rakyat,"paparnya.

Terkait hal ini, Kades Gemblegan, H Waloya, mengatakan, pihaknya merasa sangat terbantu dengan kegiatan pembinaan dan pelatihan yang melibatkan warga pelaku UMKM. "Alhamdulllah sekali tim dari  FE UNY mau membantu dalam meningkatkan perekonomian rakyat melalui kegiatam pendampingan dan pelatihan ini sehingga UMKM di desa kami semakin maju. Harapan kedepan adalah semoga tetap terus akan terjalin kerjasama yang baik khususnya dalam bidang peningkatan perekonomian warga karena kita tahu bahwa FE UNY memiliki dosen-dosen yang ahli dalam bidang ekonomi kerakyatan."

Sementara itu, Yusnawati, salah satu pelaku UMKM, mengatakan, kami sangat berterima kasih karena kegiatan ini saya jadi tidak diam dirumah. Awalnya kan jualan di sekolah dan sekolah libur jadi ya nganggur. Berkat mas dan mbak dari UNY saya diajari jualan diajari memasarkan produk itu sangat membantu saya dalam keuangan rumah tangga. "

Adapun Narasumber pelatihan, pembinaan dan pengembangan kewirausahaan UMKM Desa Gemblegan adalah, Dr. Drs. Sugiharsono M.Si.
Prof. Drs. Suyanto M.Ed, PhD. Mustafa SPd,  M.Sc. Dr. Lilia Pasca Irani M.Sc. Nita Kusumawardani, SE, MSi. (**Tim) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar