Launching BUMDes Gemblegan Makmur, Kembangkan 5 Unit Usaha, Sulap Kolam Ikan Jadi Wisata Air Andalan - klakon.com

HEADLINE:

Rabu, 24 Maret 2021

Launching BUMDes Gemblegan Makmur, Kembangkan 5 Unit Usaha, Sulap Kolam Ikan Jadi Wisata Air Andalan


KLAKON.com -- Setelah beberapa waktu lalu sempat pasif beroprasional, akhirnya Pemerintah Desa Gemblegan Kecamatan Kalikotes Kabupaten Klaten, melaunching Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Selasa (23/3/2021) di Aula Balai Desa setempat. 

Kepala Desa Gemblegan, H. Waluyo kepada awak media mengatakan, peluncuran BUMDes Gemblegan Makmur ini akan mengoptimalkan sedikitnya 5 unit usaha yang siap oprasional. Diharapkan nantinya dari unit usaha BUMDes Gemblegan Makmur bisa meningkatkan Pendapatan Asli Desa ( PAD) Desa Gemblegan, yang pada akhirnya akan menggerakkan roda perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat. "Keberadaan BUMDes ini diharapkan selain meningkatkan PAD juga untuk mensejahterakan warga masyarakat, "harap Kades Gemblegan H Waloya. 


Terkait, Direktur BUMDes Gemblegan Makmur, Agus Dwi Handoko, mengatakan, BUMDes Gemblegan Makmur selama ini sudah memiliki 5 unit bidang usaha salah satunya adalah unit usaha pariwisata dan perikanan. Dimana unit ini nantinya akan mengembangkan perikanan yang bersinergi dengan pengembangan wisata air yang dimiliki desa Gemblegan. 


Disini selain menyajikan wahana tempat bermain anak anak, penyempurnaan taman yang ada di samping Kolam, juga di taman tersebut akan dibangun satu bangunan inti berupa joglo yang di sekelilingnya berdiri gazebo gazebo untuk memanjakan pengunjung dalam bersantai ria. "Juga di pinggir pinggir Kolam nantinya akan dibangun deretan kios untuk tempat usaha menjajakan aneka produk para pelaku UKM warga setempat, "ujarnya.


Lebih jauh, kata Agus, BUMDes Gemblegan Makmur saat ini bermitra dengan Bank Jateng dalam hal pelayanan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta pembayaran pajak yang lain bahkan juga untuk pembayaran tagihan listrik.


“Warga desa Gemblegan tidak perlu lagi ke kantor cabang Bank Jateng bila ingin bayar PBB, cukup ke Kantor pelayanan pembayaran PBB di BUMDes Gemblegan yang saat ini ada di salah satu ruangan di Bale Desa Gemblegan, "pintanya.


Unit usaha lainnya, lanjut Agus, BUMDes Gemblegan Makmur saat ini mengelola Sekolah Sepak Bola (SSB) yang bernama SSB Madangkara. Ini adalah satu satunya BUMDes di Klaten yang mengelola Sekolah Sepak Bola. 


Berkaitan, Camat Kalikotes, Seniwati, berharap BUMDes Gemblegan Makmur dapat mensejahterakan warga masyarakat setempat antara lain dengan menampung dan mempromosikan produk produk unggulan warga desa Gemblegan. Selain itu, Seniwati menandaskan, manajemen BUMDes Gemblegan Makmur harus memiliki kreatifitas dan inovasi dalam hal pemasaran produk. ”Saat ini strategi pemasaran produk UMKM adalah faktor penting dalam keberhasilan suatu usaha, "tandasnya.


Launching BUMDes Gemblegan Makmur, dihadiri Camat Kalikotes, Seniwati serta unsur forkopimcam lainnya yaitu Danramil dan Kapolsek Kalikotes serta Babinsa dan babinkamtibmas desa Gemblegan dan tamu undangan lain yaitu perwakilan RW, BPD serta tokoh masyarakat. Hadir juga mitra kerja BUMDes Gemblegan Makmur perwakilan dari Bank Jateng Cabang Utama Klaten. (Boen) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar