Sepakterjang Sendikat Pembobol ATM Lintas Kota Terhenti di Polres Klaten. - klakon.com

HEADLINE:

Sabtu, 10 April 2021

Sepakterjang Sendikat Pembobol ATM Lintas Kota Terhenti di Polres Klaten.

KLAKON.com – Sepakterjang dua orang sendikat pembobol ATM antar kota akhirnya terhenti di Klaten. Pasalnya, Kamis (11/3/2021) Satreskrim Polres Klaten berhasil membekuk dua orang pelaku tindak pidana pencurian dengan pemberatan melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang terjadi di SPBU Jalan Raya Jogja-Solo, di Dukuh Tegalsari, Desa Jetis, Kecamatan Kebonarum, Kabupaten Klaten. 


Polisi berhasil mengamankan kedua tersangka, Udin (55), warga Jalan Nusa Indah 3 Kelurahan  Nusa Jaya, Kecamatan Karawaci Baru, Kota Tangerang dan Denli (38), warga Desa Majegan, Kecamatan Tulung, Kabupaten Klaten.


Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu melalui Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andryansyah Rithas Hasibuan saat press conference di Mapolres Klaten, Jumat (9/4/2021), menyampaikan, modus operandinya yaitu dengan mengganjal slot untuk memasukan kartu ATM dengan menggunakan potongan tusuk gigi.


Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andryansyah Rithas Hasibuan menjelaskan, pelaku pertama mengganjal slot untuk memasukan kartu ATM dengan menggunakan potongan tusuk gigi. Ketika ada orang yang kesulitan memasukan kartu ATM, pelaku berpura-pura membantu. Namun ketika membantu tersebut, pelaku menukar Kartu ATM dengan kartu ATM lain.


Selanjutnya kedua pelaku berpura-pura ikut mengantri di belakang calon korban yang saat itu mengalami kesulitan memasukan kartu ATM-nya. Kemudian pelaku kedua menyarankan calon korban untuk melakukan transaksi kembali. Dan pada saat korban memencet PIN, pelaku kedua tersebut mengamati.


“Ketika pelaku pertama sudah berhasil membawa ATM korban dan pelaku kedua sudah mengetahui PIN-nya, selanjutnya mereka menguras isi tabungan  tersebut,” jelas Kasatreskrim. 


Lebih lanjut, AKP Andryansyah Rithas Hasibuan menyatakan, setelah dilakukan penyidikan, ternyata kedua pelaku ini kerap melakukan aksinya di sejumlah ATM di Klaten dan daerah lainnya, yakni Kabupaten Bantul dan Kota Surakarta. Dari aksi di berbagai kota tersebut kedua pelaku berhasil menggondol uang hasil kejahatannya hingga ratusan juta rupiah.


Dari hasil keterangan penyidik selama kurun waktu antara bulan Agustus 2020 hingga Maret 2021, pelaku pernah membobol ATM di wilayah Klaten antara lain di ATM SPBU Kebonarun, ATM Indomart dekat Alun-alun Klaten, ATM SPBU Penggung, ATM Bank BRI Unit Karangwuni, ATM SPBU Jonggrangan, ATM SPBU Gergunung, ATM SPBU Jatinom, ATM Alfamart Jatinom, ATM SPBU Cawas, ATM Pasar Pedan, ATM SPBU Rumah Sakit Islam Klaten, ATM Indomart depan Rumah Sakit Tegayoso Klaten, dan ATM SPBU Pandan Simping dan di sejumlah ATM di Bantul juga di kota Surakarta. 


Akibat aksi kejahatannya tersebut kedua tersangka residivis tersebut dikenai Pasal 363 ayat 1 ke-4e KUHP dengan ancaman selama lamanya 7 tahun hukuman penjara. (Boen)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar